Tak Disangka, Camilan Ini Ternyata Kurang Sehat Untuk Anak

DokterSehat.Com – Selain makanan yang sehat setiap hari, anak-anak juga membutuhkan camilan sehat yang bisa membantu perkembangan tubuh mereka tetap maksimal. Untuk mendapatkan camilan sehat ini, kita bisa dengan mudah pergi ke toko atau pasar swalayan terdekat. Sayangnya, pakar kesehatan mengingatkan kita untuk berhati-hati dalam memilih camilan bagi anak. Meskipun kerap dilabeli sehat, beberapa camilan berikut ini ternyata tidak sehat bagi buah hati kita.

doktersehat-cokelat-biskuit-cookies

Selai cokelat
Selai cokelat yang nikmat ini biasanya sangat disukai oleh anak-anak, khususnya sebagai isian roti tawar. Sayang, dibalik kenikmatan selai cokelat ini, ada cukup banyak kandungan gula yang tersimpan di dalamnya. Pakar kesehatan menyebutkan jika di dalam satu pak selai cokelat, kita bisa menemukan kandungan gula hingga 21 gram atau sekitar 5 sendok. Jumlah ini tentu sangat banyak sehingga andai anak rutin mengkonsumsinya, dikhawatirkan akan lebih mudah terkena masalah obesitas.

Snack buah
Banyak orang tua yang berpikir jika selama sebuah camilan memiliki bahan atau label buah-buahan, maka camilan ini sehat dan aman untuk dikonsumsi. Padahal, beberapa jenis snack buah yang berbentuk jelly atau gummy yang sangat disukai anak ini ternyata memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Selain itu, buah yang dimasukkan dalam camilan ini ternyata hanyalah konsentrat jus buah yang kurang sehat bagi anak-anak.

Jus kemasan
Jus kemasan yang bisa kita temukan di pasar swalayan ternyata juga kaya akan konsentrat buah, gula, dan juga bahan pengawet. Rasa jus kemasan yang manis ini juga membuat anak-anak ketagihan namun mengalami penurunan nafsu makan. Bukannya menyehatkan, hal ini tentu akan sangat tidak baik bagi anak, bukan?

Crackers
Banyak orang tua yang memberikan crackers sebagai camilan pengganjal rasa lapar. Padahal, di dalam crackers ini kita bisa menemukan bahan MSG, pemanis buatan, atau refined flour yang sudah kehilangan banyak nutrisi saat diolah. Hal ini berarti, crackers tidak bisa memberikan nutrisi baik bagi buah hati kita.