Tak Disangka, Cacing Tanah Ternyata Bermanfaat Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Apa yang pertama kali anda pikirkan jika melihat cacing tanah? Bagi sebagian orang, cacing tanah adalah hewan yang sangat menjijikkan. Namun, ada pula yang menganggap cacing tanah sebagai hewan yang sangat berguna, khususnya untuk dijadikan umpan saat memancing ikan. Di dalam dunia medis, hewan yang bisa membuat tanah semakin gembur dan subur ini ternyata dianggap sebagai hewan yang bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kadar protein dan asam amino pada hewan tak berkaki ini.



Sebagai informasi, kandungan protein di dalam cacing jauh lebih tinggi dari daging mamalia dan daging ikan dengan perbandingan 76 persen: 65 persen: 50 persen. Tak hanya itu, cacing ternyata memiliki sistem kekebalan tubuh yang bersifat anti mikroba yang dianggap sangat berguna untuk melawan berbagai mikroba yang menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Cacing tanah bisa mengobati tifus
Salah satu manfaat cacing tanah yang sudah dikenal luas sejak jaman China kuno adalah kemampuannya dalam mengobati tifus. Sari cacing tanah yang kini tersedia dalam bentuk kapsul ternyata bisa mengatasi penyakit yang disebabkan oleh bakteri salmonella ini. Kandungan anti bakteri di dalam cacing juga bisa melawan perkembangan bakteri ini sehingga membuat penderita tifus bisa cepat sembuh.

Cacing tanah bisa mengobati diare
Bakteri e.coli atau shigella disebut-sebut mampu menyerang saluran pencernaan dan menyebabkan diare. Beruntung, dengan menggunakan sari cacing tanah yang bersifat anti bakteri, maka penyakit ini bisa segera kita atasi dengan cepat.

Cacing tanah bisa menyembuhkan luka
Sari cacing tanah ternyata kaya akan kandungan asam arakidonat yang bisa merangsang kulit memproduksi sel-sel baru sehingga bisa membantu proses penyembuhan luka dengan lebih cepat.

Melancarkan sirkulasi darah
Sari cacing ternyataa memiliki enzim yang bisa membantu menghancurkan kolesterol jahat yang menyumbat pembuluh darah sehingga akan membuat sirkulasi darah menjadi lebih lancar sekaligus menjaga kesehatan organ kardiovaskular.