Tak Disangka, Bermain Lidah Saat Berciuman Bermanfaat Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com– Saat berciuman bibir, cukup banyak pasangan yang juga sengaja memainkan lidahnya. Dengan melakukannya, maka ciuman akan menjadi lebih mesra dan menggairahkan. Sayangnya, banyak orang yang menganggap cara ciuman ini tidak etis untuk dilakukan, apalagi jika dilakukan oleh pasangan yang belum menikah.



Jika anda sudah terikat dengan janji pernikahan dengan pasangan, jangan ragu untuk bermain lidah saat berciuman karena hal ini ternyata bisa memberikan banyak manfaat bagi keseahtan.

Pakar kesehatan di bidang reproduksi manusia serta psikologi evolusioner dari Universitas Kent bernama Dr. Sarah Johns menyebutkan bahwa manusia memang akan menunjukkan rasa kasih sayangnya dengan melakukan ciuman. Dengan melakukannya, manusia bisa merasakan atau mengetahui aroma pasangannya sehingga mengerti apakah mereka memiliki respons kekebalan. Dalam sebuah penelitian, berciuman ternyata berkaitan dengan kecenderungan manusia untuk tertarik dengan seseorang dengan imunitas yang berbeda.

Dr. Johns juga menyebutkan bahwa berciuman bisa meningkatkan gairah seksual dan membuat rasa cinta menjadi semakin dalam. Hal ini terjadi karena terlibatnya emosi saat kita melakukannya. Pakar kesehatan lainnya, Fulvio D’Acquisto yang berasal dari Universitas Roehampton menyebutkan bahwa berciuman dengan bermain lidah bisa membuat kita merasakan emosi yang paling dalam dan mengidentifikasi kecocokan dengan pasangan kita.

Dari perspektif imunologi, Fulvio menyebutkan bahwa berciuman sembari bermain lidah ternyata bisa menurunkan resiko punahnya spesies manusia karena kegiatan ini ternyata bisa mengeksplorasi gen seseorang dengan tujuan mendapatkan keturunan.