Tak Disangka, Benda yang Kerap Kita Gunakan Sehari-Hari Ini Ternyata Penuh Kuman

DokterSehat.Com– Apa yang akan anda pikirkan pertama kali tatkala menyebut benda yang penuh kuman? Banyak dari kita yang langsung berpikir tentang toilet, tanah berlumpur, dan benda-benda yang terlihat jorok lainnya. Padahal, menurut pakar kesehatan, ada cukup banyak benda yang sehari-hari kita gunakan dan terlihat bersih justru penuh dengan kuman yang bisa menyebabkan penyakit. Berikut adalah benda-benda tersebut.

doktersehat-bakteri-virus

Ponsel
Salah satu benda yang hampir tidak bisa dilepaskan oleh sebagian manusia ini ternyata sangat kaya akan kuman. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris pada tahun 2013 silam menyebutkan bahwa pada ponsel, kita bisa menemukan 140 unit bakteri/ swab. Sementara itu, pada tablet, kita bahkan bisa menemukan 600 unit bakteri per swab. Banyaknya bakteri pada gadget tersebut disebabkan oleh kebiasaan kita meletakkan benda ini di sembarang tempat, termasuk membawanya ke toilet saat buang air besar.

Keyboard komputer
Tak disangka, keyboard komputer atau laptop yang kita gunakan sehari-hari ini memiliki jumlah kuman 5 kali lebih banyak dari yang bisa kita temukan pada dudukan toilet. Hal ini disebabkan kecenderungan kita untuk malas membersihkan keyboard. Padahal, bisa jadi keyboard ini terkena remahan makanan, debu, kotoran rambut, dan lain sebagainya.

Uang
Uang yang kita pegang sekarang ini bisa jadi sudah pernah dipegang ribuan orang sebelumnya. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan di New York University, disebutkan bahwa pada selembar uang kertas, kita bisa menemukan lebih dari 3 ribu jenis bakteri. Karena alasan inilah ada baiknya kita selalu mencuci tangan setelah memegang uang atau sebelum makan.

Mesin ATM
Layaknya uang, mesin ATM juga dipegang oleh banyak orang. Dalam sebuah penelitian, tombol-tombol yang ada pada mesin ATM ini kaya akan kuman bacillus atau pseudomonas yang juga ditemui pada toilet umum. Sebagai informasi, kuman-kuman ini bisa menyebabkan diare.