Tak Disangka, Air Kencing Sapi Ternyata Memiliki Banyak Manfaat Kesehatan

DokterSehat.Com– Apa yang akan anda pikirkan tentang air kencing? kita tentu akan menganggapnya sebagai hal yang jorok, bukan? Tak hanya air kencing manusia, air kencing hewan juga akan dianggap sebagai hal yang menjijikkan. Namun, dalam beberapa waktu belakangan, disebutkan bahwa urine sapi ternyata dianggap mampu dijadikan obat. Apakah hal ini memang benar adanya?



Pakar kesehatan menyebutkan bahwa di dalam urine sapi, kita bisa menemukan kandungan berupa 95 persen air, 2,5 persen urea, 2,5 persen enzim, hormon, dan juga kandungan garam. Tak hanya itu, kita juga bisa menemukan beberapa zat lain seperti zat besi, kalsium, fosfor, kalium, nitrogen, laktosa, mangan, amonia, hingga asam karbonat. Berbagai kandungan inilah yang disebut-sebut membuat urine sapi bisa dijadikan bahan obat. Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari urine sapi.

Bersifat anti mikroba
Dalam dunia medis, air kencing sapi disebut sebagai gomutra. Gomutra ini ternyata bersifat anti mikroba spectrum karena kaya akan kandungan urea, asam karbonat, fenol, kalsium, mangaan, aurum hidroksida, dan kreatinin. Berbagai patogen penyebab penyakit seperti e. Coli, salmonella typhy, bacillus cereus, staphylococcus epidermidis, proteus vulgaris, dan lain sebagainya bisa dibunuh oleh kandungan air kencing sapi ini.

Mencegah resistensi antibiotik
Telah banyak bakteri yang tidak mempan diberi antibiotik sehingga memicu banyak penyakit yang sulit untuk disembuhkan. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa urine sapi yang sudah dimurnikan dan diaktifkan dengan cahaya ternyata mampu mengatasi bakteri yang sudah resisten pada antibiotik.

Mampu mengatasi ketombe
Urine sapi ternyata mampu membunuh jamur malassezia yang memicu datangnya ketombe pada rambut kita.

Mampu dijadikan obat antiseptic
Urine sapi bisa diolah menjadi obat yang mampu menyembuhkan luka dengan efektif.

Baca Juga:  Apakah Saat Tidur Telinga Kita Sama Sekali Tidak Mendengar Suara Apapun?

Memiliki sifat anti kanker
Urine sapi ternyata kaya akan antioksidan yang bisa mengatasi stress oksidatif dan radikal bebas. Hal ini ternyata membuatnya memiliki sifat anti kanker. Jika diolah dengan tepat, urine sapi bisa membantu menurunkan resiko terkena kanker.