Tak Bisa Menutup Kancing Kerah Baju Karena Leher Terlalu Besar? Waspada Penyakit Ini

DokterSehat.Com– Meski terlihat aneh, para peneliti menemukan sebuah fakta menarik tentang ukuran leher kita. Jika ukuran leher kita lebih besar dari angka tertentu, hal ini menandakan bahwa kita lebih berisiko terkena masalah kesehatan jantung.

Dilansir dari Men’s Health, sebuah penelitian yang dilakukan di Brasil membuktikan bahwa jika kita tidak bisa menutup kancing paling atas baju kita, maka kita harus waspada dengan penyakit jantung yang mematikan.

Dalam penelitian yang melibatkan 4.000 pria ini, para peneliti menemukan fakta bahwa rata-rata pria memiliki ukuran leher sekitar 15 inci. Jika ukuran leher pria lebih besar 1 inci saja, maka risiko untuk terkena resistensi insulin naik mejadi 32 persen, risiko terkena kenaikan tekanan darah naik hingga 24 persen, dan memiliki 50 persen lebih banyak kandungan trigliserida dalam tubuh.

Kandungan lemak di dalam leher bisa meningkatkan kemungkinan terjadinya peradangan dan plak pada pembuluh darah arteri pada leher. Padahal, hal ini bisa memicu serangan jantung atau stroke.

Cristina Baena, Ph.D yang menulis penelitian ini menyebutkan bahwa meski terlihat sepele, dalam realitanya ukuran leher juga menandakan kondisi lemak atau berat badan keseluruhan dalam tubuh. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika berat badan berlebihan bisa memicu datangnya berbagai masalah kesehatan yang tidak bisa disepelekan.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita mencoba untuk memakai baju dan memasukkan kancing yang paling atas. Jika mengalami kesulitan, cobalah untuk mengukurnya dengan meteran jahitan. Jika ukurannya lebih dari 15,3 inci atau 39 cm, ada baiknya kita segera pergi ke dokter untuk melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan dan mengubah gaya hidup agar tidak mudah terkena penyakit jantung.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik