Tahu Gak? Warna Ingus Ternyata Berbeda-Beda Tergantung Penyebabnya.

DokterSehat.Com– Ingus atau lendir yang ada pada lapisan mukosa hidung adalah hal yang wajar muncul pada tubuh kita, apalagi jika kita sedang terkena flu. Bahkan, ingus ini sebenarnya sangat penting bagi kesehatan saluran pernafasan. Yang tidak banyak diketahui orang adalah warna ingus yang sebenarnya berbeda-beda. Apa arti dari perbedaan warna ingus ini?

doktersehat-hidung-muka-sindrom-kallmann

Ingus berwarna bening atau putih
Biasanya, ingus yang berwarna bening atau putih ini menandakan adanya reaksi alergi atau infeksi virus di fase awal layaknya saat kita akan mulai terkena flu.

Ingus berwarna kuning atau kehijauan
Jika ingus memiliki warna kuning atau kehijauan, maka hal ini menandakan adanya infeksi meskipun hal ini juga belum tentu disebabkan oleh bakteri. Saat kita terkena flu misalnya, sistem imun tubuh akan mengirimkan sel-sel darah putih bernama neutrophil pada bagian mukosa hidung yang terkena infeksi. Sel darah putih inilah yang mampu mengubah warna ingus menjadi kuning dan kehijauan.

Hanya saja, dalam beberapa kasus, ingus dengan warna kuning atau hijau juga bisa disebabkan oleh infeksi telinga atau masalah sinusitis yang tentu harus segera diperiksakan ke dokter. Gejala dari sinusitis adalah hidung yang tersumbat, demam, dan rasa nyeri pada area wajah, khususnya pada area kening dan hidung. Tak hanya itu, ingus juga akan berbau busuk. Sementara itu, infeksi telinga biasanya disertai dengan rasa nyeri pada telinga dan demam tinggi.

Ingus berwarna kemerahan atau kecokelatan
Jika ingus kita berwarna merah, maka hal ini menandakan bahwa ingus telah tercampur dengan darah. Hal ini menandakan adanya peradangan yang cukup parah sehingga memicu luka lapisan mukosa hidung yang banyak memiliki pembuluh darah. Tak hanya itu, hal ini juga bisa saja disebabkan oleh kanker pada sinus yang jarang terjadi.

Ingus berwarna kebiruan
Kondisi ingus berwarna kebiruan disebabkan oleh infeksi bakteri bernama pseudomonas pyocyanea. Kondisi ini patut diwaspadai dan sebaiknya segera diperiksakan ke dokter.

Ingus berwarna gelap
Jika ingus berwarna gelap atau kehitaman, seringkali hal ini terjadi setelah menghirup polutan berbahaya di udara, khususnya jika kita tinggal di area dengan polusi udara yang cukup tinggi.