Tahap Pengobatan Telinga Gatal Yang Benar

DokterSehat.Com – Telinga adalah salah satu alat vital bagi pendengaran kita, seringkai kotoran masuk ke dalam telinga dan mengakibatkan rasa gatal kadang menyerang. Jika telinga kita terasa gatal, berhati-hatilah dalam menggaruknya. Jangan menggunakan benda tajam yang bisa merobek gendang telinga jika terlalu masuk ke dalam telinga atau bahkan bisa menyebabkan infeksi di telinga jika tidak berhati-hati menggunakannya. Jika telinga gatal, bersihkanlah dengan benar.



Terkadang kita seringkali merasakan telinga yang gatal karena berbagai sebab, entah itu kemasukan air, serangga, atau karena sebab lain yang berasal dari dalam. Nah, apakah yang Anda lakukan saat hal itu terjadi? Apakah mengoreknya dengan korek kuping, memasukkan jari tangan ke dalam telinga dan mengoreknya secara manual, ataukah membiarkannya saja? Daripada Anda melakukan hal hal yang belum tentu tepat untuk dilakukan, alangkah lebih baik kalau Anda mengetahui tentang pengobatan telinga gatal yang tepat melalui penjelasan artikel berikut ini.

Perlu Anda ketahui, bahwa gatalnya telinga disebabkan oleh berbagai persoalan yang cukup bervariasi karena telinga merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki tingkat sensitivitas cukup tinggi. Oleh karena itu, agar tindakan kita tidak keliru dan menimbulkan masalah yang lebih parah, maka pengobatan telinga gatal yang paling tepat adalah sebagai berikut :

  • Oleskan salep atau lotion terlebih dahulu
    Kulit yang iritasi di sekitar telinga bisa menyebabkan telinga menjadi gatal. Untuk mengobati hal yang seperti itu, maka cukup mengoleskan lotion atau salep khusus telinga ke kulit yang iritasi tersebut.
  • Minta rujukan dokter
    Saat iritasi tidak bisa diatasi dengan langkah pertama di atas, maka langkah selanjutnya adalah dengan mengunjungi poly THT (telinga hidung tenggorokan) untuk dianalisis secara profesional tentang penyebab dan cara mengatasinya. Biasanya, dokter akan memberikan obat tetes telinga yang mengandung antibiotik agar mengurangi rasa gatal, rasa sakit serta membunuh jamur atau bakteri yang menjadi penyebab umum.
  • Ikuti petunjuk penggunaan yang benarSekali lagi, karena telinga adalah bagian tubuh yang sensitif, maka penggunaan obat serta pengaplikasian berbagai bahan untuk pengobatan telinga gatal sebaiknya mengikuti instruksi dan petunjuk yang disediakan, karena kekeliruan atau penggunaan yang melebihi dosis ditakutkan akan membuat kondisi telingan menjadi bertambah parah.