Susu Ternyata Bisa Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi

DokterSehat.Com – Salah satu masalah kesehatan yang kerap dikeluhkan oleh kaum hawa saat terkena menstruasi adalah munculnya rasa nyeri. Ada cukup banyak penyebab dari datangnya rasa nyeri ini, baik itu karena penyakit layaknya endometriosis atau bahkan yang tidak terkait dengan penyakit apapun. Pakar kesehatan menyebutkan jika rasa nyeri ini seringkali dikaitkan dengan hormon prostaglandin. Sebelum fase menstruasi tiba, sel endometrium pada rahim akan memproduksi prostaglandin. Namun, saat haid, sel-sel ini akan pecah dan melepaskan prostaglandin tersebut sehingga memicu penyempitan pembuluh darah pada rahim sekaligus kontraksi yang menyebabkan gangguan layaknya nyeri, kram perut, pusing, mual-mual dan muntah.

doktersehat-sakit-perut-haid-haids-mestruasi-radang-usus-buntu

Saat rasa nyeri ini tiba, kaum hawa bisa saja merasa lemas dan hanya ingin beristirahat. Hal ini tentu akan mengganggu aktifitas harian. Beruntung, menurut pakar kesehatan, rasa nyeri saat menstruasi ini sebenarnya bisa diatasi dengan mengkonsumsi susu.

Menurut hasil dari beberapa penelitian kesehatan, susu ternyata mampu meredakan nyeri haid. Banyaknya kandungan kalsium di dalam susu inilah yang mampu mengatasi rasa nyeri tersebut. Meskipun belum jelas bagaimana susu mampu membantu wanita meredakan rasa nyeri saat haid ini, sebagian pakar kesehatan menduga jika saat haid, otot kekurangan kandungan kalsium sehingga menjadi lebih tegang dan memicu kram. Dengan adanya kalsium inilah, maka otot kembali rileks sehingga tidak lagi kram dan menyebabkan rasa nyeri.

Pakar kesehatan menyarankan kaum hawa untuk mengkonsumsi susu rendah lemak karena kandungan lemak dikhawatirkan justru bisa membuat nyeri semakin parah. Tak hanya itu, kaum hawa juga sebaiknya memperbanyak sayuran hijau yang kaya akan kandungan kalsium. Hal ini berarti, bagi wanita yang mengalami intoleransi laktosa sehingga tidak bisa minum susu, konsumsi sayuran hijau bisa menjadi solusi untuk mengatasi rasa nyeri saat menstruasi.