Susu Tanpa Lemak Belum Tentu Lebih Baik

DokterSehat.Com – Belakangan ini, kita sering melihat produk makanan yang memiliki label bebas lemak. Salah satu dari produk makanan atau minuman tersebut adalah susu. Sebagai produk hewani yang cukup banyak dikonsumsi oleh berbagai kalangan, susu memang akan sulit untuk lepas dari kandungan lemak. Bagi beberapa orang yang ingin menghindari kandungan lemak untuk kebutuhan mendapatkan berat badan yang ideal, tentu susu biasa yang kaya lemak akan dihindari. Apakah memang susu bebas lemak memiliki kandungan gizi lebih baik bagi tubuh jika dibandingkan dengan susu biasa?

doktersehat-susu-keju-telur

Pakar kesehatan ternyata menunjukkan jawaban yang berbeda. Dari berbagai penelitian, ditemukan fakta dimana susu bebas lemak belum tentu sehat untuk kita konsumsi jika dibandingkan dengan susu biasa. Salah satu dari penelitian ini dilakukan oleh dr. Dariush Mozaffarian dimana beliau meneliti 3.333 partisipan berusia dewasa selama 15 tahun. Hasil dari penelitian ini menunjukkan fakta dimana mereka yang mengkonsumsi produk-produk susu biasa yang kaya akan kandungam lemak ternyata memiliki resiko mendapatkan penyakit diabetes lebih rendah jika dibandingkan dengan mereka yang jarang mengkonsumsi susu kaya lemak. Rasio perbandingannya bahkan bisa mencapai 46 persen, angka yang sangat signifikan.

Dr Mozaffarian bahkan menuturkan jika hingga saat ini, masih belum ada bukti penelitian valid yang menunjukkan fakta dimana konsumsi susu rendah lemak memberi kebaikan lebih banyak jika dibandingkan dengan susu biasa yang kaya akan lemak. Beliau menuturkan jika masyarakat cenderung menghindari susu biasa karena memiliki kandungan lemak dan kalori yang tinggi. Padahal, banyak pecinta susu rendah lemak yang justru tetap mengkonsumsi makanan kaya gula yang pada akhirnya tetap memberikan resiko tinggi terkena diabetes.

Baca Juga:  Apa Penyebab Kantung Mata?

Sebuah penelitian yang dirilis oleh American Journal of Nutrition dan melibatkan lebih dari 18.000 partisipan wanita yang terbagi dalam kelompok pengkonsumsi susu biasa dan pengkonsumsi susu tanpa lemak menunjukkan fakta dimana para peminum susu biasa justru memiliki resiko mendapatkan kegemukan lebih rendah 8 persen! Bagaimana hal ini bisa terjadi? Ternyata, para pengkonsumsi susu biasa yang cenderung kaya lemak akan cenderung lebih mudah merasa kenyang sehingga akan merasa tidak lagi mengkonsumsi makanan atau camilan kaya kalori dan gula sehingga masalah kegemukan pun bisa dihindari.