Susu Kedelai Ternyata Baik Dikonsumsi Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Ibu hamil tentu akan berbuat apa saja untuk memastikan sang buah hati di dalam kandungan mendapatkan asupan terbaik sehingga mendapatkan pertumbuhan yang sempurna. Disamping memakan makanan yang sehat, ibu hamil juga bisa mengkonsumsi susu yang diperuntukkan khusus bagi kesehatan ibu dan sang bayi dalam kandungan. Salah satu jenis susu yang diklaim akan sangat baik bagi ibu hamil adalah susu kedelai. Berikut adalah beberapa kebaikan yang bisa didapatkan ibu hamil jika mengkonsumsi susu kedelai.

doktersehat-hamil-susu-oatmeal

Susu kedelai kaya akan vitamin yang tentu saja akan memberikan kesehatan bagi ibu dan juga janinnya. Sebagai contoh, susu kedelai memiliki kandungan vitamin A, vitamin E, dan juga vitamin B. Konsumsi segelas susu kedelai secara rutin tentu akan membuat kebutuhan akan vitamin-vitamin tesebut akan cukup sehingga ibu hamil akan tetap dalam kondisi yang sehat dan bugar selama masa kehamilan. Selain vitamin, susu kedelai juga bisa memberikan kandungan protein yang tinggi. Dengan asupan protein yang baik, ibu hamil tentu mampu menjaga kesehatan organ tubuh selama masa kehamilan. Protein juga akan mendukung perkembangan janin dalam kandungan dengan lebih baik. Beberapa pakar kesehatan bahkan mengklaim jika kandungan protein susu kedelai bisa membuat perkembangan bayi dalam kandungan sangat baik.

Susu kedelai juga kaya akan kandungan karbohidrat dan lemak nabati. Kandungan lemak nabati bisa mengurangi level kolesterol jahat dalam tubuh sehingga kondisi kesehatan ibu hamil pun semakin baik dan resiko mendapatkan gangguan jantung pun semakin berkurang. Selain itu, kandungan karbohidrat yang ada dalam susu kedelai dapat membuat ibu hamil memiliki pasokan eneri yang cukup setiap harinya, khususnya dalam masa kehamilan trimester kedua dan ketiga. Asupan susu kedelai terakhir adalah kandungan asam folat yang bisa membantu perkembangan pertumbuhan sel saraf pada janin. Hal ini berarti dengan mengkonsumsi susu kedelai, janin dalam kandungan pun bisa menjadi semakin cerdas.

Baca Juga:  Tanda Hamil Anak Kembar

Memang, masih banyak pro dan kontra mengenai konsumsi susu kedelai bagi ibu hamil mengingat beberapa orang justru berkata jika konsumsi susu kedelai bisa menyebabkan masalah pada kehamilan. Namun, beberapa pakar kesehatan berkata jika asalkan konsumsi susu kedelai tidak berlebihan, maka hal ini akan aman bagi kehamilan. Susu kedelai sendiri kerap tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi pada trimester pertama kehamilan karena adanya kandungan phytoestrogen yang bisa menambah resiko keguguran. Hal inilah yang membuat banyak ibu hamil yang baru mengkonsumsi susu kedelai mulai trimester kedua dan ketiga.