Susu Kedelai Sangat Baik Dikonsumsi Oleh Ibu Hamil

DokterSehat.Com – Keberadaan susu kedelai masih menjadi pro dan kontra di berbagai kalangan masyarakat. Banyak orang yang menganggap susu kedelai masih belum-belum terbukti khasiatnya dan tidak akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Bagi ibu hamil sendiri, susu kedelai juga kerap menjadi dilema tersendiri mengingat adanya mitos bahwa konsumsi susu kedelai akan membahayakan janin dan bahkan menyebabkan keguguran. Apakah mitos ini benar adanya?

doktersehat-hamil-kehamilan-anak-laki

Susu kedelai sendiri ternyata memiliki banyak kandungan gizi yang sehat dan sangat layak dikonsumsi, asalkan konsumsinya dengan kadar yang pas dan tidak berlebihan. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meskipun sang ibu hamil mengalami ngidam dan ingin meminum susu kedelai sangat banyak, ibu harus menahan diri dan mengkonsumsinya dalam jumlah yang normal saja, khususnya jika sang ibu hamil berada dalam trimester pertama kehamilan. Susu kedelai yang berlebihan bisa menyebabkan tubuh mendapatkan terlalu banyak asupan phytoestrogen yang beresiko besar menyebabkan keguguran pada kehamilan.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika susu kedelai harus dikonsumsi secara cukup saja sehingga tubuh pun akan bisa menyerap berbagai kebaikan dari susu ini. Susu kedelai sendiri dikenal sebagai susu yang kaya akan kandungan vitamin A, B, dan juga E yang bisa membuat kesehatan ibu hamil tetap terjaga. Selain itu, susu kedelai juga kaya akan kandungan protein yang bisa membantu kesehatan janin semakin sehat. Susu kedelai juga kaya akan karbohidrat yang bisa menjamin energi yang dibutuhkan ibu hamil untuk beraktifitas. Kandungan lemak nabati yang tinggi pada ibu hamil juga bisa membantu ibu melawan kolesterol jahat di dalam tubuh sehingga resiko terkena masalah kardiovaskular pun bisa ditekan.

Susu kedelai dengan takaran yang pas juga bisa menyediakan kandungan sehat berupa asam folat. Asam folat sendiri bisa berperan aktif dalam membantu perkembangan janin dengan baik, khususnya dalam hal perkembangan sel sarafnya. Bayi pun bisa terlahir sebagai bayi yang cerdas jika saat di dalam kandungan mendapatkan asupan asam folat yang cukup.