Susu Cokelat Sebenarnya Aman Tidak Sih Bagi Anak?

DokterSehat.Com– Susu adalah salah satu minuman yang sangat direkomendasikan bagi anak-anak. Kandungan nutrisinya yang tinggi seperti kalsium, protein, hingga vitamin D bisa mendukung kesehatan dan pertumbuhan anak dengan maksimal. Namun, jika kita cermati, anak cenderung lebih suka dengan susu cokelat dibandingkan dengan susu putih biasa karena rasanya yang lebih enak dan manis. Sebenarnya, apakah susu cokelat memang aman untuk dikonsumsi oleh anak?

doktersehat-susu-cokelat-setelah-gym-fitnes-otot

Pakar kesehatan di bidang nutrisi bernama PK Newby menyebutkan bahwa susu cokelat memiliki kandungan yang sama sebagaimana susu biasa. Hal ini berarti, anak yang meminumnya juga akan tetap mendapatkan nutrisi sehat layaknya kalsium, protein, potassium, hingga vitamin D. Hanya saja, di dalam susu cokelat biasanya ada tambahan gula sehingga kadar kalori di dalamnya cenderung lebih banyak jika dibandingkan dengan susu biasa. Tingginya kadar kalori ini akan membuat mereka beresiko menalami kenaikan berat badan atau bahkan terkena obesitas.

Sebenarnya, konsumsi makanan atau minuman manis tidaklah memberikan dampak terlalu besar bagi kesehatan atau berat badan anak asalkan tidak dilakukan dengan berlebihan. Namun, jika anak sangat suka dengan makanan manis, termasuk minum susu cokelat, dikhawatirkan hal ini akan membuat mereka mengkonsumsi kalori dengan berlebihan dan akhirnya malas mengkonsumsi makanan sehat seperti sayuran dan buah.

Newby sendiri lebih menyarankan orang tua untuk memberikan susu tawar yang tidak ditambahi dengan gula. Namun, jika anak sudah kadung menyukai susu cokelat, pastikan untuk membatasi asupan hariannya agar tidak berlebihan. Jika bisa, berikanlah susu murni yang rendah atau bebas lemak dan kaya akan kalsium sehingga bisa mendukung perkembangan anak dengan maksimal.