Susu Bisa Menyebabkan Diare?

susu-doktersehat
Source: Mother Jones

DokterSehat.Com– Meskipun termasuk dalam minuman yang kaya akan nutrisi menyehatkan, dalam realitanya susu bisa memicu datangnya masalah perut mulas atau diare pada sebagian orang. Biasanya, mereka yang mengalami masalah kesehatan tersebut adalah yang memiliki kondisi intoleransi laktosa.

Intoleransi laktosa disebabkan oleh tubuh yang tidak memiliki enzim laktase yang cukup untuk mencerna laktosa di dalam susu. Hal ini menimbulkan efek perut mulas atau bahkan diare setelah mengonsumsi minuman yang kaya akan kalsium ini.

Hal lain yang bisa menyebabkan perut mulas atau diare setelah minum susu adalah tidak terbiasa untuk mengonsumsinya. Perut pun akan kaget karena sudah lama tidak mendapatkan laktosa sehingga mengalami gejala kesehatan seperti perut mulas dan diare.

Demi mencegah datangnya masalah kesehatan tersebut setelah minum susu, pakar kesehatan dan gizi menyarankan kita untuk mengonsumsinya dengan takaran yang lebih sedikit. Sebagai contoh, kita bisa mengonsumsi seperempat gelas susu dan dilanjutkan dengan takaran yang sama satu jam kemudian dan terus diulangi dengan pola yang sama sehingga berhasil menghabiskan satu gelas susu.

Jika perut sudah mulai terbiasa dengan konsumsi susu sedikit demi sedikit, kita bisa mengubah takarannya menjadi lebih banyak setelah beberapa hari atau satu minggu kemudian.

Jika sebelumnya kita tidak terbiasa minum susu atau mengalami intoleransi laktosa, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak memilih susu dengan label berkalsium tinggi terlebih dahulu karena biasanya memiliki kandungan laktosa yang jauh lebih tinggi. Selain itu, jangan sembarangan mengonsumsi es krim karena jajanan enak ini ternyata juga kaya akan kandungan laktosa.

Susu memang bisa memicu munculnya beberapa masalah pencernaan, namun, bukan berarti kita tidak bisa mengonsumsinya karena jika kita mulai membiasakan diri untuk terus minum susu, tubuh akan beradaptasi dan akan lebih baik dalam menyerap nutrisi baiknya.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik