Susu Almond, Susu Yang Bebas Kolesterol dan Diyakini Bisa Mencegah Penyakit Kanker

DokterSehat.Com – Jika kita membicarakan tentang minuman susu, maka kita tentu akan lebih terbiasa untuk mengkonsumsi susu yang berasal dari produk hewani. Susu sapi dan susu kambing masih menjadi produk susu yang menguasai pasaran dan lebih dikenal masyarakat luas dibandingkan dengan bebearpa produk susu nabati layaknya susu kedelai. Susu dari bahan nabati seringkali baru dilirik oleh mereka yang mengalami intoleransi laktosa yang memang banyak terjadi pada konsumsi susu hewani. Salah satu jenis susu yang kini dianggap bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan tubuh dan berasal dari bahan nabati adalah susu almond.

doktersehat-susu-keju-telur

Susu almond cukup banyak dikenal oleh mereka yang menyukai gaya hidup sehat. Pakar kesehatan gizi bernama Rita Ramayulis, DCN, M. Kes, sendiri menyebutkan jika susu almond yang terbuat dari sari nabati ini tidak mengandung kolesterol jahat yang memberikan banyak sekali dampak buruk bagi keseahtan tubuh. Susu almond juga memiliki banyak serat sehingga akan sangat baik bagi saluran pencernaan sekaligus bagi kesehatan jantung. Selain itu, susu almond juga memiliki kandungan lemak tak jenuh sekaligus lemak essensial.

Susu almond juga dikenal luas sebagai susu yang rendah kalori sehingga cukup populer untuk dikonsumsi mereka yang sedang melakukan diet ketat. Dalam setiap sajian susu almond, kadar kalori yang tersedia hanyalah 30 hingga 60 kalori saja. Jika kita bisa mengkombinasikan susu almond dengan diet rendah kalori yang sehat, maka kita pun bisa membuat berat badan menjadi jauh lebih ideal dan tubuh menjadi lebih sehat.

Pakar kesehatan menyebutkan jika kita rajin-rajin mengkonsumsi susu almond, maka kita akan mampu menjaga kekuatan tulang dengan baik. Setiap penyajian susu almond ternyata akan memberikan kandungan kalsium dan vitamin D yang cukup besar sehingga tulang pun terjaga kesehatannya. Tulang yang jauh lebih sehat tentu saja akan mengurangi resiko terkena penyakit osteoporosis.

Baca Juga:  Mengenal Perilaku Narsisisme

Meskipun masih banyak mengundang perdebatan, banyak pakar kesehatan yang menyebutkan jika konsumsi rutin susu almond akan membuat kita secara efektif mencegah kanker, khususnya dalam hal menghambat sel kanker prostat. Sebuah penelitian yang dilaporkan oleh Live Science bahkan melaporkan jika konsumsi susu almond bisa menahan pertumbuhan sel kanker hingga 30 persen.