Susah Tidur karena Stres? Gunakan 3 Tips ini!

doktersehat-mandi-sebelum-tidur

DokterSehat.Com– Tidur adalah salah satu aktivitas yang wajib dan sangat perlu dilakukan oleh setiap orang. Sebab, dengan tidur, sama saja mengistirahatkan seluruh organ di dalam tubuh sehingga keesokan harinya bisa beraktivitas kembali dengan keadaan prima.

Namun, sayangnya tidak sedikit orang yang sering mengabaikan waktu tidur mereka. Apalagi pola hidup saat ini yang terbilang cukup memprihatinkan, begadang dijadikan sebuah kebiasaan. Namun, ada juga kendala lain yang menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk beristirahat, misalnya karena depresi atau stres. Nah, jika tidak segera ditangani, maka masalah ini akan menjadi fatal akibatnya bagi kesehatan fisik.

Untuk mengatasinya, berikut adalah 3 tips yang dipercaya bisa mengatasi masalah tidur akibat stres.

1. Mandi

Sepulang kerja, usahakan untuk mandi, walau hanya sebentar. Jika bisa, mandi menggunakan air hangat. Sebab mandi akan membuat tubuh Anda menjadi rileks yang bisa melepas hormon oksitosin. Selain itu, mandi juga bisa memperbaiki suhu tubuh sehingga Anda menjadi lebih mudah tertidur.

2. Membaca dan Menulis

Kedua aktivitas ini memang terkesan konvensional. Tapi, sampai saat ini, kedua cara ini dipercaya bisa merangsang otak menjadi lebih rileks dan bisa tidur dengan nyenyak. Jika Anda tidak suka membaca, maka cobalah untuk menulis, baik menulis cerita, menulis puisi, ataupun menulis diary. Dengan mood baik yang tercipta, dipastikan membuat rasa kantuk cepat datang.

3. Meditasi

Ketika stres melanda, maka yang harus Anda lakukan adalah menenangkan pikiran. Salah satu caranya adalah dengan meditasi. Ya, lakukanlah meditasi setidaknya 10 sampai 15 menit sebelum tidur. Pusatkan dan fokuskan pikiran Anda dan buang semua keluh kesah yang ada dipikiran Anda. Setelah mood mulai membaik, maka Anda akan merasakan kantuk dan akhirnya bisa tertidur dengan pulas.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik