Susah Tidur di Masa Kehamilan? Ini Solusinya

DokterSehat.Com – Saat hamil, ibu akan mengalami banyak sekali perubahan dalam tubuh, khususnya yang berkaitan dengan kondisi kesehatannya. Selain adanya perubahan bentuk tubuh yang signifikan, ibu hamil juga mengalami banyak perubahan hormon yang membuatnya menjadi lebih mudah merasa lelah, mudah sakit, hingga memiliki keinginan atau nafsu makan yang bertambah atau berkurang. Beberapa ibu hamil bahkan melaporkan kesulitan untuk tidur di malam hari selama masa kehamilan. Apakah hal ini berkaitan dengan perubahan hormon saat kehamilan?

doktersehat-kehamilan-hamil

Pakar kesehatan dr Hari Nugroho SpOG yang berasal dari RSUD Dr Soetomo, Surabaya berpendapat bahwa masalah susah tidur yang dialami ibu hamil ternyata lebih dikarenakan faktor psikis dan juga faktor fisik. Untuk faktor fisik, beliau memberikan contoh berupa terdesaknya kandung kemih oleh rahim sehingga ibu hamil cenderung lebih mudah buang air kecil di waktu tidur yang tentu membantu masalah insomnia. Perubahan hormon di saat kehamilan ternyata bisa membuat ibu hamil mudah cemas dan memicu masalah sulit tidur saat hamil.

Untuk mengatasi masalah susah tidur di masa kehamilan, ibu hamil disarankan untuk mengendalikan rasa stress dan kehamilan. Memang, masa kehamilan yang memaksa ibu hamil sangat berhati-hati dalam melakukan berbagai hal bisa memicu rasa stress karena ibu hamil tidak bebas melakukan apapun. Namun, cobalah untuk mengalihkan rasa stress tersebut dengan banyak berbicara dari hati ke hati dengan suami, keluarga, atau bahkan teman dekat. Jika diperlukan, ibu hamil juga bisa mengikuti meditasi yang akan sangat baik dalam menangani stress di masa kehamilan dan membuat waktu tidur menjadi berkualitas. Selain itu, cobalah untuk mendengarkan musik yang lembut layaknya musik klasik sehingga pikiran menjadi lebih nyaman dan rileks sehingga tidur pun bisa didapatkan dengan maksimal.

Baca Juga:  Makan Mie Instan Dengan Minuman Bersoda, Pria Tiongkok Ini Dilarikan ke Rumah Sakit

Ibu hamil juga bisa melakukan latihan-latihan ringan sebelum tidur. Latihan ringan bahkan bisa dilakukan di tempat tidur sehingga peredaran darah pun bisa menjadi lebih lancar dan bisa memicu keinginan tubuh untuk tidur dengan lebih nyenyak. Selain itu, ibu hamil juga sebaiknya menghindari minuman dengan kandungan kafein karena minuman ini bisa memicu ibu hamil semakin sulit untuk tidur dan menjaga kesehatan kandungannya.