Susah Menelan Tandai Kanker Payudara dan Esofagus

DokterSehat.Com – Karena tidak memiliki indera perasa seperti yang terdapat pada kulit, kanker yang menyerang saluran pencernaan sering tak terdeteksi sampai berkembang sedemikian parah. Salah satunya adalah kanker yang terjadi pada esofagus, saluran yang menghubungkan tenggorokan dengan lambung.



Penelitian menunjukkan bahwa pria tiga kali lebih besar kemungkinannya terserang kanker ini ketimbang wanita. Sayangnya, pria lebih enggan mencari bantuan medis apabila menemui hal yang aneh atau gejala-gejala yang berkaitan dengan kanker ini.

Seperti yang dilansir oleh m.webmd.com, kesulitan dalam menelan makanan bisa jadi merupakan salah satu gejala bahwa seorang pria manderita kanker esophagus, atau kanker payudara yang telah menyebar melalui kelenjar limfa.

Kanker yang telah menyebar melalui kelenjar limfa berarti telah melewati collarbone. Dengan demikian, penderta bisa saja telah berada pada kanker stadium III. Tidak hanya kesulitan dalam menelan, tetapi biasanya pada kanker payudara yang telah menyebar juga ditemukan benjolan di daerah leher.

Sayangnya, banyak penderita cenderung tidak peduli dengan gejala tersebut, dan sesegera mengubah makanan menjadi cairan agar lebih mudah dalam menelan makanan. Padahal, hal tersebut tidak banyak membantu tubuh.

Apabila Anda merasakan hal tersebut dan tidak mengalami perubahan dalam waktu yang lama, Anda sangat disarankan untuk menemui dokter Anda.

Apabila Anda masih belum  yakin, Anda bisa meminta untuk mendapatkan pemeriksaan sinar-X untuk mengetahui gambaran pada leher Anda, Anda juga bisa memeriksakan diri Anda pada dokter spesialis untuk memeriksa esophagus dan daerah atas GI.