Susah Lepas Dari Ponsel? Pastikan Untuk Tidak Menempatkannya di 3 Area Paling Rawan Ini!

DokterSehat.Com– Ponsel tidak lagi hanya dijadikan tempat untuk berkirim pesan atau menelepon saja. Dengan gadget ini, kita bisa berselancar di internet, bermain game, atau bahkan berbelanja. Begitu banyak hal yang bisa kita lakukan dengan ponsel hingga benda ini bisa kita bawa kemana-mana, termasuk di kasur saat kita tidur malam. Padahal, radiasi dari ponsel ini bisa memberikan dampak sangat buruk bagi kesehatan.

doktersehat-gadget-handphone-media-sosial

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk berhati-hati saat menempatkan ponsel pada 3 area berikut karena paparan radiasinya bisa menyebabkan dampak kesehatan.

Di samping bantal
Banyak orang yang memilih untuk menempatkan ponselnya di samping bantal atau posisi lain yang dekat dengan kepala saat tidur. Yang menjadi masalah adalah, hal ini bisa membuat radiasi ponsel mengganggu sistem saraf pusat. Alhasil, kita bisa mengalami masalah seperti susah tidur, mimpi buruk, sakit kepala saat bangun tidur, atau bahkan rambut rontok. Banyaknya notifikasi chat atau media sosial yang muncul saat tidur juga bisa membuat kita tidur dengan tidak nyenyak.

Menempatkannya di dada
Saat tiduran, duduk santai, atau duduk di kendaraan, banyak orang yang sengaja menempatkan ponselnya di dada, khususnya saat mendengarkan musik. Meskipun terlihat sebagai hal yang wajar, pakar kesehatan menyebutkan bahwa hal ini bisa menyebabkan gangguan kesehatan pada jantung dan sistem endokrin. Bagi wanita, terganggunya sistem endokrin akan memicu gangguan keseimbangan hormon yang akhirnya bisa menyebabkan gangguan menstruasi.

Menyimpannya di saku celana
Sudah banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa menyimpan ponsel pada saku celana akan memicu gangguan reproduksi pada pria. Karena alasan inilah ada baiknya kita menempatkannya di tas saja.