Susah Hamil? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

DokterSehat.Com – Kebanyakan pasangan yang baru menikah langsung ingin segera mendapatkan momongan. Sayangnya, sebagian dari mereka harus menunggu hingga waktu yang sangat lama untuk bisa mendapatkan kehamilan. Jika anda termasuk dalam pasangan yang tak kunjung dikaruniai kehamilan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya anda mewaspadai beberapa masalah kesehatan yang cukup serius seperti sebagai berikut.

doktersehat-tidur-pasangan

Sperma yang tidak sehat
Bagi kaum pria, gaya hidup yang buruk seperti merokok, kerap menempatkan ponsel di saku celana, atau kerap begadang dan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat ternyata bisa menyebabkan penurunan kualitas dan kuantitas sperma. Jika hal ini terjadi, maka sperma pun tidak bisa membuahi sel telur pada rahim wanita sehingga sulit untuk mendapatkan kehamilan.

Faktor usia
Berbeda dengan kaum pria yang memiliki kesuburan dalam jangka waktu yang sangat lama, kaum hawa cenderung mengalami penurunan kesuburan setelah melewati usia 35 tahun. Pada usia ini, kemampuan rahim dalam melepas telur sudah menurun dan kualitas telur yang diproduksi juga tidak sebaik saat usianya lebih muda.

Gaya hidup yang tidak sehat
Kebiasaan merokok dan menenggak minuman keras ternyata bisa menurunkan kemungkinan seseorang untuk mendapatkan kehamilan. Selain itu, pola makan yang tidak sehat akan memicu masalah obesitas juga bisa menyebabkan masalah yang sama.

Masalah medis pada kaum hawa
Siklus haid yang tidak teratur, munculnya kista, fibroid pada rahim, adanya jaringan parut, endometriosis, polip, dan masalah lainnya memang bisa membuat wanita sulit untuk mendapatkan kehamilan. Penyakit-penyakit ini tentu harus segera disembuhkan agar pasangan bisa segera mendapatkan keturunan.

Terkena sindrom PCOS
Policystic Ovary Syndrome atau sindrom PCOS terjadi karena ketidakseimbangan hormon pada tubuh wanita. Kondisi ini akan membuat proses ovulasi mengalami gangguan sehingga kehamilan pun semakin sulit untuk didapatkan.