Susah Buang Air Besar? Konsumsi Saja Makanan Ini

buah-jeruk-kupas-doktersehat
Photo Credit: pexels.com

DokterSehat.Com– Jangan terburu-buru minum obat pencahar jika mengalami masalah susah buang air besar. Ada baiknya kita memperbanyak asupan makanan berserat dan air putih untuk melancarkan kinerja saluran pencernaan. Dilansir dari Step to Health, berikut adalah beberapa makanan yang bisa membuat usus bergerak dengan lebih baik sehingga melancarkan buang air besar.

  1. Apel

Sudah menjadi rahasia umum jika apel adalah salah satu buah yang paling baik bagi kesehatan. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan mineral dan nutrisi lainnya. Kandungan serat larut dalam apel yang tinggi bernama pectin juga mampu melancarkan pergerakan usus dan mengatasi masalah buang air besar.

  1. Kismis

Satu biji kismis memiliki satu gram serat. Hal ini berarti, banyak mengonsumsi kismis akan memperbanyak asupan serat harian kita dan membantu mengatasi masalah pencernaan. Selain itu, kandungan gula sorbitol dan fructosan dalam kismis juga memiliki peran seperti pencahar alami.

  1. Kiwi

Satu buah kiwi memiliki 5 gram serat. Selain itu, kandungan vitamin C dan antioksidan dari buah ini juga sangat tinggi sehingga akan menyehatkan kulit sekaligus usus dalam saluran pencernaan.

  1. Jeruk

Kebanyakan orang berpikir jika jeruk hanyalah tinggi kandungan vitamin C-nya. Padahal, kandungan serat dari buah jeruk yang dimakan langsung, bukannya dibuat jus, sangatlah tinggi dan bisa membantu menyehatkan pencernaan.

  1. Oat

Dikenal luas sebagai makanan anti kolesterol, oat yang kaya akan serat bisa membantu melunakkan kotoran dan melancarkan pergerakan usus sehingga membuat kita mengatasi masalah pencernaan dengan efektif.

  1. Yoghurt

Yoghurt kaya akan bakteri probiotik yang akan menyehatkan saluran pencernaan dan sangat cocok untuk dikonsumsi oleh mereka yang sedang mengalami gangguan konstipasi.

  1. Buncis

Buncis adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki kandungan serat paling tinggi. Jika kita mengonsumsi buncis rebus atau yang dijadikan salad, maka kita akan mengatasi masalah susah buang air besar dengan mudah.

Mengingat harganya murah dan mudah didapatkan, ada baiknya kita memilih untuk mengonsumsi makanan sehat tersebut jika mengalami sembelit.

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik