Susah Buang Air Besar Belum Tentu Karena Konstipasi

DokterSehat.Com – Beberapa orang melaporkan kondisi dimana mereka kesulitan buang air besar hingga beberapa hari atau bahkan hingga satu minggu. Kondisi ini bisa membuat perut menjadi sangat tidak nyaman sekaligus cukup berbahaya karena tentu di dalam perut kita akan menumpuk sangat banyak kotoran yang tidak baik bagi kesehatan. Apalagi jika mereka yang sulit buang air besar ini biasanya memiliki kecenderungan frekuensi buang air besar yang jauh lebih sering.

doktersehat-toilet-wasir-kencing-berdarah

Setiap orang ternyata memiliki frekuensi yang berbeda-beda dalam melakukan buang air besar. Ada yang sangat lancar dan bisa melakukannya setiap hari namun juga tak jarang ada yang harus menunggu beberapa hari untuk bisa buang air besar. Yang menjadi masalah adalah, jika anda termasuk orang yang lancar buang air besar setiap hari namun tiba-tiba tidak bisa buang air besar hingga sekitar 3 hari, maka anda bisa disebut mengalami konstipasi. Selain lamanya waktu untuk menunggu buang air besar, bentuk kotoran yang cenderung lebih keras, usaha mengeluarkan kotoran yang sangat kuat, hingga rasa tidak puas setelah buang air besar menjadi tanda-tanda laind ari konstipasi.

Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika buang air besar bisa dipengaruhi olah banyak hal, namun pada umumnya gaya hidup adalah yang paling utama. Pola makan harian, rutinitas latihan fisik, kebiasaan konsumsi air putih, atau bahkan kesehatan kejiwaan ternyata ikut berperan besar dalam kelancaran buang air besar. Sebagai contoh, mereka yang jarang mengkonsumsi makanan berserat layaknya buah-buahan dan sayuran dan juga yang termasuk kurang mengkonsumsi air putih biasanya akan sedikit kesulitan melakukan buang air besar atau memiliki frekuensi buang air besar cenderung lebih lama.

Baca Juga:  Stres, Salah satu Pemicu Utama Mengapa Kita Sulit Mencapai Orgasme

Jika anda mengalami kesulitan buang air besar yang sangat tidak biasa dan diiringi dengan gejala-gejala lain layaknya rasa nyeri pada perut dan juga anus, kesulitan dalam mengeluarkan kotoran dan harus mengejan dengan sangat keras namun yang keluar hanyalah kotoran yang berbentuk kecil-kecil atau bahkan bulat layaknya kotoran kambing atau panjang layaknya pensil, ada baiknya anda segera memeriksakan kondisi ini ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat sehingga masalah kesulitan buang air besar ini bisa segera diselesaikan.