Susah Berpikir Saat Bekerja? Makan Ini Saja Untuk Mengatasinya

DokterSehat.Com– Kadangkala pikiran kita stuck atau benar-benar buntu saat bekerja sehingga tidak tahu harus melakukan apa. Jika hal ini terjadi di saat pekerjaan sedang banyak-banyaknya, dikhawatirkan berbagai tugas tentu tidak akan bisa diselesaikan. Beruntung, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada cara yang bisa kita lakukan agar pikiran kita bisa segar kembali untuk bekerja, yakni dengan makan cokelat.

doktersehat-wanita-lelah-anemia-kerja-kantor-depresi-jantung-Amiloidosis

Tak hanya membuat suasana hati menjadi lebih baik, cokelat ternyata bisa melindungi otak dari berbagai gangguan kognitif. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan di dalam biji kakao ternyata bisa menjadi pelindung bagi kesehatan otak. Penulis penelitian bernama Valentina Socci dan Michelle Ferrara yang berasal dari Universitas L’Aquila di Italia menyebutkan bahwa kandungan flavanol dalam biji kakao bisa meningkatkan efek kognitif, mempertahankan kinerja otak, dan mengatasi kelelahan serta gangguan tidur.

Kandungan flavanol di dalam cokelat ini bisa melancarkan sirkulasi darah di otak dan meningkatkan kecepatan proses citra visual sehingga akan meningkatkan kinerja kognitif secara keseluruhan.

Penelitian lain yang dilakukan oleh The Cocoa, Cognition, and Aging (CoCoA) dan diterbitkan dalam jurnal berjudul Hypertension menyebutkan bahwa mereka yang sebelumnya mengalami gangguan kognitif ringan namun mengkonsumsi kakao setiap hari akan mengalami kemajuan dalam hasil tes kognitif dengan signifikan. Dalam penelitian ini, disebutkan juga bahwa flavanol mampu meningkatkan alirah darah ke otak, membantu pembentukan dan perbaikan neuron, membuat hubungan antar neuron meningkat, serta melindungi neuron dari paparan radikal bebas.

Hanya saja, untuk mendapatkan manfaat ini, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengkonsumsi cokelat hitam atau dark chocolate yang lebih kaya flavanol dibandingkan dengan jenis cokelat lainnya.