Susah Berkonsentrasi di Tempat Kerja? Cobalah Lakukan Tips-Tips Ini

DokterSehat.Com – Senyaman apapun tempat kerja, kadangkala kita akan mengalami suatu waktu dimana kita akan sulit berkonsentrasi untuk menyelesaikan tugas pekerjaan. Jika hal ini terjadi, tugas pun akan terbengkalai dan bisa membuat tidur kita tidak nyenyak. Yang menjadi masalah adalah, tidur yang tidak nyenyak juga akan membuat konsentrasi menjadi semakin memburuk. Lantas, apakah ada cara agar kita bisa mempertahankan konsentrasi di tempat kerja?

doktersehat-stres-kerja-emosi-depresi

Terdapat ada beberapa faktor mengapa kita cenderung kesulitan berkonsentrasi di tempat kerja. Biasanya, hal pertama yang membuat kita sulit berkonsentrasi adalah banyaknya pikiran dan minimnya waktu istirahat malam yang berkualitas. Saat seseorang memiliki masalah, Ia akan cenderung tidak bisa fokus pada tugas-tugasnya sehingga tugasnya pun tidak bisa diselesaikan tepat waktu. Sementara itu, jika kita kurang tidur, maka proses kognitif otak pun cenderung mengalami pelemahan sehingga kita pun tidak akan bisa benar-benar berpikir dan berkonsentrasi menyelesaikan pekerjaan. Selain itu, pekerjaan dan tugas yang dianggap cenderung membosankan atau bahkan terlalu banyak ternyata juga bisa memberikan dampak yang sama bagi konsentrasi otak.

Untuk mengatasi hal ini,hal pertama yang bisa kita lakukan adalah dengan memperbaiki waktu tidur kita agar cukup setiap malamnya. Sudah banyak penelitian yang menunjukkan fakta dimana tidur yang berkualitas akan semakin membuat kita berkonsentrasi dengan lebih baik. Andai anda merasa bosan atau tertekan dengan pekerjaan, cobalah untuk mencari tempat untuk menyegarkan pikiran saat jam istirahat atau sekadar mencari taman selama 10 menit sehingga kita pun akan kembali dengan pikiran yang lebih segar.

Untuk memperbaiki konsentrasi otak, pakar kesehatan menyarankan kita mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang setiap hari. Selain itu, jangan pernah lewatkan waktu makan karena jika kita lapar, maka konsentrasi pun akan semakin susah didapat. Konsumsi makanan kaya vitamin B, C, dan E, serta magnesium juga harus dipenuhi setiap hari sehingga otak pun akan berkonsentrasi dengan lebih baik.