Susah Berhenti Merokok? Terapkan Tips Ini

DokterSehat.Com– Merokok adalah membakar tembakau yang kemudian menghisap asapnya, baik hanya menggunakan rokok maupun dengan menggunakan cangklong atau pipa. Memang sudah tak asing lagi bagi masyarakat. Merokok menjadi kebiasaan yang sangat umum, tetapi kebiasaan merokok ini sulit untuk dihilangkan karena rokok mengandung zat adiktif yang mengakibatkan orang kecanduan.

doktersehat-rokok

Jika Anda kesulitan berhenti merokok, berikut cara yang bisa Anda terapkan secara perlahan agar Anda benar-benar berhenti merokok.

1. Makan dan minum
Minum air dingin menggunakan sedotan ternyata bisa membantu mengganti cara mengisap sebatang rokok. Ini juga melepaskan dopamin, zat kimia otak yang bisa membantu meredakan suasana hati yang sedang tidak baik.

Makan makanan kecil juga bisa membantu Anda melewati keinginan untuk merokok. Pilihlah makanan sehat untuk menghindari penambahan berat badan.

2. Rasakan manfaat tidak merokok
Anda bisa segera mulai menikmati manfaat hidup tanpa asap. Buatlah daftar perubahan yang baik saat Anda mulai memperhatikannya.

Dengan tidak merokok akan mendapat manfaat baik, seperti merasa terkendali, menabung, makan sehat, dan merasa lebih energik. Namun saat Anda sulit untuk tidak merokok, lihatlah daftar yang Anda buat sebagai pengingat akan apa yang telah Anda dapatkan dari berhenti merokok.

3. Seringlah menyikat gigi
Salah satu cara instan untuk berhenti merokok adalah dengan menyikat gigi, maka mulut Anda terasa lebih enak dan napas Anda berbau lebih baik. Dengan begitu, Anda akan cenderung tidak menyalakan rokok karea mempertahankan mulut agar tetap segar.

4. Hindari alkohol
Minum alkohol adalah salah satu hal paling umum yang membuat orang kembali merokok. Alkohol ini menggagalkan niat Anda, dan itu bisa menggangu komitmen Anda untuk berhenti merokok. Banyak orang juga mengaitkan minum alkohol tak lengkap jika tidak merokok, jadi minuman keras mungkin membuat Anda ingin menyalakan rokok.

5. Cari lingkungan tanpa rokok
Saat berkeinginan untuk tidak merokok, pergilah ke tempat bebas rokok, misalnya dengan menonton film, ke perpustakaan, atau ke toko. Semakin sering Anda ke tempat tersebut, semakin mudah untuk menjauhi rokok.

6. Ingat alasan Anda untuk berhenti merokok
Tulislah daftar semua alasan Anda untuk berhenti merokok. Taruh daftar tersebut di mana Anda menghabiskan waktu, seperti di dapur, di tempat kerja, di samping cermin kamar mandi. Taruhlah di tempat yang mudah dilihat kemanapun Anda pergi. Beberapa mantan perokok mengatakan bahwa mereka merasa terbantu menaruh foto keluarga dan orang-orang terkasih di samping daftar alasan mereka.

7. Beraktivitas setiap hari
Aktivitas membantu menghindari dari hasrat untuk merokok. Saat Anda aktif, tubuh Anda mengirimkan bahan kimia alami yang membantu suasana hati Anda dan mengurangi stres Anda. Lari adalah salah satu pilihan paling sederhana. Pilih beberapa aktivitas yang berbeda untuk membantu Anda tetap termotivasi. Sisihkan waktu untuk aktif secara fisik setiap hari, terutama di bulan pertama setelah Anda berhenti merokok.

Baca Juga:  Rutin Berolahraga Bisa Menurunkan Efek Buruk Kebiasaan Merokok?

8. Atur rencana di kalender Anda
Selama beberapa minggu pertama setelah Anda menjauhi kebiasaan merokok, menjadikan banyak hal yang Anda inginkan atau yang perlu dilakukan. Buat rencana untuk makan makanan bersama keluarga atau teman, dan cobalah hindari godaan merokok. Semakin Anda sibuk, semakin teralihkan Anda dari dorongan untuk merokok.

9. Makan permen
Menghindari dorongan untuk merokok bisa dengan mengunyah makanan, misalnya memakan permen karet bebas gula, permen keras, atau makanan ringan yang sehat. Jika Anda khawatir berat badan naik, makanlah makanan yang rendah kalori seperti buah dan sayuran.

10. Cari dukungan teman
Mintalah seseorang untuk berada di sisi Anda untuk membutuhkan dukungan. Pilihan terbaik adalah teman yang juga mantan perokok. Tapi siapa pun yang peduli dengan Anda dan ingin Anda berhenti merokok bisa membantu saat masa sulit.

11. Batasi kafein
Kafein membantu beberapa orang aktif di pagi hari dan tetap waspada saat mereka lelah. Tapi itu membuat orang lain merasa tegang, gelisah, dan stres. Memecah kecanduan nikotin Anda bisa meningkatkan efek tersebut. Jika kafein membuat Anda gelisah atau cemas, maka hidarilah.

12. Perhatikan suasana hati
Emosi negatif seperti stres, marah, dan prustrasi adalah alasan lain mengapa orang kembali merokok. Suasana hati yang buruk terjadi pada semua orang, dan kemungkinan Anda akan merasa lebih dari sekadar berbagi dengan Anda selama beberapa minggu pertama berhenti merokok. Temukan cara untuk mengalihkan perhatian Anda. Bekerjasama dengan teman, atau melakukan hal lain yang Anda sukai.

13. Hindari masalah
Meski teman dan keluarga harus mendukung, mereka tidak selalu. Beberapa orang mungkin merasa terancam oleh keputusan Anda untuk berhenti merokok. Mereka bahkan mungkin mencoba menggagalkan usaha Anda.

Jika Anda merasa ada orang seperti ini dalam hidup Anda, hindarilah mereka. Jika itu tidak mungkin, duduklah bersama mereka dan jelaskan mengapa berhenti merokok begitu penting bagi Anda. Mintalah dukungan mereka.

14. Tetap dalam jalur
Setelah Anda berhasil melewati dua minggu pertama terhindar dari rokok, pertahankanlah. Tapi bersiaplah kalau-kalau Anda goyah. Ingat, jika tergoda hanya dengan satu batang rokok tidak berarti Anda telah gagal. Pertimbangkan apa yang salah. Kemudian, pikirkan cara untuk mengatasi situasi yang sama di lain waktu tanpa merokok. Dokter Anda juga bisa membantu Anda mempersiapkannya.