Susah BAB? Kunyah Saja Permen Karet

DokterSehat.Com– Apakah anda suka mengunyah permen karet? Tak hanya memiliki rasa yang enak dan bisa membuat kita bermain meniup balon, permen karet bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Apa sajakah manfaat tersebut?



Manfaat pertama dari kebiasaan mengunyah pertama dari mengunyah permen karet adalah membersihkan gigi dan gusi. Bahkan, telah ada penelitian yang menyebutkan bahwa mengunyah permen karet bisa membantu otak kita berkonsentrasi atau berpikir dengan lebih baik. Selain itu, mengunyah permen karet ternyata juga bisa membantu melancarkan sistem pencernaan sehingga membuat buang air besar menjadi lebih lancar. Bahkan, bagi wanita yang baru saja menjalani kelahiran caesar dan susah buang air besar, maka mengunyah permen karet bisa mengatasinya dengan efektif.

Dalam penelitian ini, disebutkan bahwa mengunyah permen karet mampu menipulasi tubuh sehingga berpikir bahwa kita seakan-akan sedang mengunyah makanan. Hal ini ternyata langsung memicu pengiriman sinyal pada usus layaknya ada makanan yang sedang datang sehingga membuat usus mulai bekerja. Gerakan usus pun akan mendorong kotoran ke luar sehingga kita pun akan merasa ingin buang air besar.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengunyah permen karet yang tidak memiliki kandungan gula atau less sugar yang jauh lebih aman untuk kita konsumsi kapanpun kita membutuhkannya karena jumlah kalorinya yang tidak terlalu tinggi.