Suplemen Vitamin C Picu Batu Ginjal

Doktersehat.com – Vitamin C merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin C banyak terdapat dalam buah dan sayur. Sayangnya tidak semua orang bisa menyantap sayur dan buah setiap harinya. Maka tak jarang mereka beralih mengonsumsi suplemen vitamin C yang lebih praktis. Tapi apakah suplemen vitamin C baik untuk kesehatan?



Menurut penelitian dari Swedia, seseorang yang pernah mengalami sakit batu ginjal berisiko kambuh kembali bila mengonsumsi suplemen vitamin.

Penelitian ini mengikuti selama 11 tahun perkembangan 907 pria yang rutin mengonsumsi vitamin C dan 22.000 orang yang tidak mengonsumsi suplemen apa pun.

Hasilnya diketahui bahwa 3,4 persen dari kelompok yang rutin minum vitamin C menderita batu ginjal, sementara dari kelompok yang sama sekali tidak mengasup suplemen hanya 1,8 persen saja yang mengalami batu ginjal.

Menurut salah satu peneliti, Laura Thomas, vitamin C dosis tinggi dicurigai dapat meningkatkan risiko batu ginjal sebab sebagian vitamin C yang diserap tubuh akan dikeluarkan urin sebagai oksalat, salah satu komponen pembentuk batu ginjal.

Batu ginjal terbentuk dari kristal kecil yang terdiri dari oksalat dan kalsium. Terkadang batu ginjal juga dapat keluar melalui urin namun kerapkali menimbulkan rasa sakit. Apabila batu ginjal sudah berukuran besar, maka dibutuhkan operasi untuk melakukannya.

Vitamin C yang berasal dari makanan sehari-hari jauh lebih aman ketimbang yang terdapat dalam suplemen. Meskipun demikian, terbentuknya batu ginjal juga dipengaruhi oleh dosis dan kombinasi nutrisi yang dikonsumsi.

Sumber: kompas.com