Kemoterapi – Suplemen Penyerta Kemoterapi dan Uji Klinis

DokterSehat.ComDapatkah saya mengkonsumsi vitamin, mineral, suplemen makanan, atau obat tradisional sambil melaksanakan kemoterapi? Beberapa produk ini dapat mengubah kerja kemoterapi. Untuk alasan ini, penting untuk memberitahu dokter atau perawat tentang semua vitamin, mineral, suplemen makanan, dan obat tradisional yang Anda konsumsi sebelum mulai kemoterapi. Selama kemoterapi, bicarakan dengan dengan dokter Anda sebelum Anda mengkonsumsi produk ini.

doktersehat-vitamin-nutrisi-komponen-organik-obat-ibu-hamil-kehamilan

Perubahan tubuh selama kemoterapi
Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan laboratorium (seperti pengambilan darah dan foto sinar-X). Dokter juga akan menanyakan apa yang Anda rasakan.

Anda tidak bisa mengatakan jika kemoterapi bekerja atau tidak karena efek samping yang dirasakan. Ada anggapan bahwa efek samping kemoterapi yang parah artinya bahwa kemoterapi sudah bekerja dengan baik dan tidak ada efek samping berarti bahwa kemoterapi tidak bekerja. Anggapan ini salah. Fakta yang benar adalah bahwa efek samping tidak ada hubungannya dengan seberapa baik kemoterapi melawan kanker Anda. Pasien tanpa efek samping masih mendapatkan manfaat nyata dari perawatan. Pasien dengan efek samping juga mungkin tidak mendapatkan manfaat dari pengobatan kemoterapi tersebut.

Uji klinik kemoterapi
Uji klinis (juga disebut penelitian pengobatan kanker atau studi penelitian) menguji pengobatan baru bagi penderita kanker. Penelitian jenis baru kemoterapi, jenis lain dari perawatan kanker, atau cara-cara baru untuk menggabungkan perawatan akan dicari melalui penelitian ini. Tujuan dari semua uji klinis ini adalah untuk menemukan cara yang lebih baik untuk membantu penderita kanker.

Dokter atau perawat dapat menawari para penderita kanker untuk mengambil bagian dalam percobaan klinis. Anda juga dapat mengajukan diri atau menanyakan apakah sedang ada uji klinik di Rumah Sakit tempat Anda dirwawat. Sebelum Anda setuju untuk menjadi dalam percobaan klinis, pelajari mengenai:

  • Semua uji klinis menawarkan perawatan kanker yang berkualitas. Tanyakan bagaimana uji klinis ini bisa membantu Anda atau orang lain. Misalnya, Anda mungkin salah satu orang pertama yang mendapatkan pengobatan baru. Anda mungkin menerima perawatan dari penelitian yang telah berlangsung selama beberapa waktu dan yang sudah diberikan kepada banyak orang lain dengan kondisi seperti Anda.
  • Pengobatan baru tidak selalu lebih baik atau bahkan bisa sebaik perawatan standar. Dan bahkan jika pengobatan baru ini baik, belum tentu tubuh Anda dapat menerima dengan baik. Ada jaminan prinsip Equipoise bahwa Anda tidak akan diberikan pengobatan yang menjadikan kondisi Anda lebih buruk dari kemoterapi standar, namun jika itu terjadi, kemungkinan itu karena respon tubuh Anda.
  • Pihak asuransi Anda mungkin tidak mengcover pengobatan yang merupakan bagian dari penelitian uji klinis sehingga Anda perlu mengecek apakah pihak asuransi Anda mengcover obat tersebut.