3 Jenis Suplemen yang Jitu Turunkan Kolesterol

doktersehat-suplemen-kolesterol

DokterSehat.Com– Apa yang Anda pikirkan saat mendengar kata kolesterol? Kebanyakan dari kita tentu sepakat ya bahwa kolesterol adalah zat yang harus dikurangi dari dalam tubuh.

Kolestereol memang merupakan salah satu zat yang kerap mendapat perhatian untuk dikurangi asupannya. Berbagai cara yang digunakan banyak orang. Salah satunya adalah dengan suplemen.

Ya, suplemen penurun kolesterol kini mulai banyak ditawarkan. Bahkan ada bermacam jenis dan tampilan produk suplemen yang mengklaim mampu menurunkan kolesterol.

Ternyata berbagai asosiasi kesehatan dan gizi hanya menganjurkan beberapa jenis suplemen yang terbukti jitu menurunkan kolesterol, yaitu:

1. Koenzim Q 10

Salah satu bentuk turunan antioksidan ini merupakan salah satu zat gizi yang terbukti ampuh menurunkan kolesterol jahat dalam tubuh. Konsumsi koenzim Q 10 sudah sangat erat kaitannya dengan para penderita penyakit jantung. Selain itu, konsumsi koenzim Q 10 hanya bisa diperoleh dari konsumsi suplemen saja.

2. Stanol dan sterol

Kedua zat ini juga merupakan salah satu zat yang lazim diperoleh dalam bentuk suplementasi pada beberapa jenis bahan makanan, misalnya yoghurt. Stanol dan sterol sudah terbukti manfaatnya dalam menurunkan kolesterol tubuh.

Manfaat lain juga dapat diperoleh dari konsumsi yoghurt yang terfortifikasi stanol dan sterol salah satunya adalah gula darah bisa lebih terkontrol.

3. Omega 3

Sama-sama termasuk golongan lemak namun ternyata omega 3 dapat menjadi suplemen zat gizi yang sangat baik utnuk menurunkan kolesterol. Hal ini disebabkan kandungan EPA dan DHA yang sangat tinggi pada omega 3 mampu mendukung pembentukan kolesterol baik. Seperti yang sering kita dengar, omega 3 sangat baik untuk menjaga lancarnya peredaran darah serta kesehatan jantung.

Nah, itu dia tiga jenis suplemen yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi agar kolesterol dalam tubuh bisa terkontrol, ya!

ikuti-kontes-sehatitubaik-menangkan-berbagai-hadiah-menarik