Suplemen Penghalau Kanker Prostat

DokterSehat.Com – Kanker prostat bagi pria sama menakutkannya dengan kanker payudara bagi wanita. Walaupun kanker prostat sering kali tidak berakibat fatal, dapat merusak kualitas hidup, prostat sering menimbulkan masalah disfungsi seksual (impotensi) dan inkontinensi urin (ngompol).
Kedua efek samping itu jelas merupakan pukulan berat bagi pria. Diagnosis kanker prostat tak ubahnya datangnya hari kiamat. Padahal, langkah pencegahan untuk penyakit ini sebetulnya tidak terlalu sulit.

68358264_05a990f461_o

Sebuah penelitian pada para pria yang telah melalui pengobatan dengan jalan pembedahan atau radioterapi untuk penyakit kanker prostat dilakukan.

Para pria ini diberi kapsul mengandung esensi buah delima, teh hijau, kunyit, dan brokoli. Enam bulan kemudian, kadar PSA (protein yang merupakan indikator dari adanya kanker) para penderita itu, 63 persen lebih rendah dibandingkan pasien yang menerima plasebo (obat tanpa efek).

Studi yang dilakukan di Inggris ini ingin menunjukkan bahwa makanan yang kaya akan polifenol memiliki efek antikanker.

Profesor Robert Thomas, seorang Ahli Onkologi Konsultan di Bedford Hospital dan Rumah Sakit Addenbrooke di Cambrige mempresentasikan hasil positif dari kapsul tersebut dalam sebuah studi di American Society of Clinical Onkologi di Chicago.

Thomas mengatakan, diet kaya olifenol, fitokimia nabati alami yang ditemukan dalam makanan sehat, menurunkan risiko munculnya penyakit kronis seperti demensia, kolesterol tinggi, arthritis, penyakit jantung, penuaan kulit, dan degenerasi makula.

Menurut Robert, efek antikanker dari polifenol dinilai ampuh karena sifat antioksidan yang mampu melindungi DNA dari kerusakan oksidatif dari zat-zat yang bersifat karsinogen (memicu kanker). Zat ini bekerja dengan cara membunuh sel-sel kanker dan menghambat ploriferasinya (upaya sel masuk ke jaringan).

Kami berharap ini akan membantu jutaan orang untuk memerangi timbulnya kanker prostat, kata Robert menjelaskan seperti dikutip Telegraph, pada Rabu (5/2/2014).

Baca Juga:  Suka Konsumsi Junk Food? Awas Meningkatnya Resiko Alzheimer

Dalam studi ini juga, lanjut dia, hampir tidak ada efek merugikan yang dapat memengaruhi kelompok pria dengan kanker prostat yang diberi suplemen tambahan ini.

Memang, mengonsumsi makanan sehat dan menjalani pola hidup yang lebih baik, akan membantu memerangi perkembangan kanker. Tapi sekarang, di zaman yang sudah moderen, pria juga dapat beralih kepada suplemen makanan utuh yang telah terbukti khasiatnya.

Tapi harus diingat, meski ada suplemen makanan utuh seperti ini, ada baiknya untuk menambahkan aktivitas fisik yang rutin.

BACA JUGA : Suka Nonton TV, Menyempitkan Pembuluh Darah Mata Pada Anak