Penting! 3 Suplemen Wajib Ibu Hamil yang Berpuasa

doktersehat-suplemen-hamil-puasa

DokterSehat.Com– Berpuasa saat hamil memang harus dilakukan dengan ekstra cermat, karena ada banyak hal yang penting diperhatikan oleh ibu hamil. Tidak hanya jenis asupan makanan dan pembagian waktu saja lho yang penting bagi ibu hamil berpuasa, namun kebutuhan gizi yang tinggi juga dianjurkan dipenuhi dari konsumsi suplemen.

Mengapa ibu hamil memerlukan suplemen?

Ada beberapa hal yang dapat memengaruhi pemenuhan gizi ibu hamil selama berpuasa.

Hal utama tentu saja karena peningkatan berbagai kebutuhan gizi pada saat hamil, hal ini kemudian bersamaan dengan waktu makan yang terbatas serta kemungkinan nafsu makan ibu hamil bisa jadi berubah-ubah selama puasa.

Dengan kondisi tersebut, penggunaan suplemen menjadi salah satu jalan keluar yang dianjurkan untuk ibu hamil yang sedang berpuasa.

Hal ini akan mendukung tercukupinya kebutuhan gizi dan menekan risiko kekurangan gizi akibat ibu yang tidak sempat makan banyak dan nafsu makan yang sedang rendah, sehingga kondisi kesehatan kehamilan yang optimal akan tercipta.

Lalu, apa saja sih suplemen yang perlu dikonsumsi ibu hamil selama berpuasa?

Suplemen yang penting dikonsumsi ibu hamil yang berpuasa adalah:

1. Suplemen zat besi

Ibu hamil yang berpuasa sangat dianjurkan mengonsumsi tablet besi.

Hal ini disebabkan aktivitas ibu hamil yang tetap tinggi namun asupan makananya tidak bisa sesering biasanya, sehingga tablet besi akan memberikan suplai zat besi yang mampu mencukupi kebutuhan besi tubuh ibu hamil yang tetap tinggi selama beraktivitas.

Selain itu ibu hamil dianjurkan tetap mengonsumsi makanan tinggi zat besi dan memilih pula makanan yang kaya akan vitamin C dari buah dan sayur. Kedua hal ini akan menambah dan membantu penyerapan zat besi dalam tubuh ibu hamil menjadi super maksimal.

Ibu hamil yang kekurangan asupan zat besi bukan hanya berisiko mengalami anemia, namun juga akan memengaruhi pemenuhan asupan zat gizi bagi janin.

2. Suplemen asam folat

Seperti yang kita ketahui, asam folat menjadi salah satu zat gizi paling vital selama kehamilan.

Asam folat selalu dibutuhkan oleh janin, pada trimeseter pertama untuk pembentukan otak dan sum-sum tulang belakang, sedangkan trimester selanjutnya untuk mendukung penyempurnaan pembentukan saraf tubuh janin.

Kekurangan asam folat akan menyebabkan gangguan kesehatan ibu hamil serta tidak terbentuknya organ yang sempurna pada janin. Hal inilah yang menyebabkan suplemen asam folat harus selalu dipenuhi oleh ibu hamil selama menjalankan puasa.

3. Suplemen kalsium

Kalsium menjadi zat gizi penting saat hamil karena kalsium yang digunakan oleh janin diperoleh dari kalsium yang sudah ada pada tubuh ibu.

Waktu makan yang terbatas menjadi salah satu alasan pemilihan makanan yang kaya kalsium sulit dipenuhi oleh ibu hamil, sehingga konsumsi suplemen kalsium menjadi sangat penting untuk mencegah berkurangnya kalsium pada tubuh ibu hamil saat puasa.

Kalsium yang tidak tercukupi bisa meningkatkan risiko ibu hamil mengalami osteoporosis atau terganggunya pembentukan tulang dan gigi pada janin.

Zat gizi di atas merupakan tiga dari lima zat yang paling penting selama kehamilan.

Dua zat gizi lainnya yaitu iodium dan zink juga harus diperhatikan selama ibu hamil menjalani puasa, namun iodium dan zink umumnya bisa dipenuhi dari makanan dan penerapan gizi seimbang dan bervariasi selama puasa.

Hal ini berbeda dengan zat besi, asam folat dan kalsium yang dikhawatirkan tidak terpenuhi kebutuhannya hanya dari makanan saja, sehingga ibu hamil yang sedang berpuasa dianjurkan mengonsumsi ketiga suplemen di atas dengan dosis dan cara konsumsi yang ditentukan oleh dokter kandungan atau ahli gizi, ya.