Supir Bus Terkena Stroke, Penumpang Ambil Alih Kemudi

supir_bus_stroke_doktersehat_2
Photo Source: Asia Wire/Metro.co.uk

DokterSehat.Com– Sebuah momen dramatis terekam oleh kamera CCTV yang dipasang di dalam sebuah bus yang beroperasi di kota Linyi, Provinsi Shandong, Tiongkok bagian timur. Supir bus yang sedang mengendarai alat transportasi yang selalu dipenuhi penumpang ini tiba-tiba saja kehilangan kesadaran karena terkena stroke. Saat bus mulai menabrak pembatas jalan, seorang penumpang langsung berinisiatif mengambil alih kemudi.

Dilansir dari Metro.co.uk, Xie Shangpan adalah orang yang memang sering menggunakan bus saat akan pergi ke berbagai tempat. Saat mulai merasakan ada yang tidak benar dengan laju bus, Xie tanpa ragu langsung berlari menuju ruang kemudi dan menemukan sang supir sudah hilang kesadaran.

Selain Xie, penumpang lain Wu Yueping juga ikut berlari ke ruang kemudi dan ikut membantu Xie mengendalikan setir bus. Kerjasama keduanya berhasil membuat bus terparkir dengan aman sebelum menelepon ambulans dan polisi.

“Aku tahu ada yang salah dengan pergerakan bus ini dan mulai merasa bus menabrak pembatas jalan. Awalnya aku berpikir supir bus mengantuk dan tertidur,” ucap Xie yang ternyata juga berprofesi sebagai supir bus.

“Aku kaget tatkala tahu bahwa supir bus ternyata tidak tidur, namun tidak sadar karena terserang penyakit. Kalau bukan karena masih memakai sabuk pengaman, ia pasti sudah jatuh ke lantai,” lanjutnya.

Beruntung, tidak ada kendaraan lain yang ada dekat dengan bus tersebut sehingga kecelakaan ini tidak sampai memakan korban. Setelah bus diparkir dengan aman, supir bus masih dalam kondisi hidup dan berhasil ditolong petugas medis di ambulans.

Xie dan Wu kemudian diberi penghargaan oleh pemerintah setempat karena menyelamatkan nyawa lebih dari 30 penumpang yang ada di dalam bus tersebut.