Sumpah Pemuda Masa Kini: Bertekad Tak Lagi Melakukan Hal-Hal yang Merusak Kesehatan Sejak Dini

DokterSehat.Com– Memperingati Hari Sumpah Pemuda yang dirayakan setiap tanggal 28 Oktober, ada baiknya para pemuda di Indonesia semakin baik dalam menjaga kesehatannya. Dalam realitanya, banyak pemuda yang berpikir jika karena mereka masih muda, bertenaga, dan aktif, maka mereka bisa melakukan apa saja. Padahal, cukup banyak kebiasaan yang mereka lakukan yang ternyata bisa merusak kesehatan dan membuat mereka sakit-sakitan saat tua nanti. Apa sajakah hal-hal yang merusak kesehatan tersebut?

doktersehat-rokok-bahaya-untuk-kesehatan

Begadang
Begadang adalah hal yang cukup sering dilakukan oleh anak muda, khususnya yang berusia 20-an. Tak hanya karena belajar atau mengerjakan tugas, banyak anak muda yang begadang karena bermain game, ngobrol bersama dengan teman-teman, atau sekadar menonton film drama favorit. Padahal, begadang akan membuat daya tahan tubuh menurun sehingga penyakit pun akan mudah datang.

Merokok
Entah bagaimana awalnya ada anggapan bahwa merokok adalah hal yang keren untuk dilakukan. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika merokok bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, khususnya dalam memicu berbagai penyakit berbahaya layaknya kanker, penyakit jantung, dan stroke. Bahkan, mereka yang menjadi perokok pasif juga bisa menanggung akibatnya.

Kurang minum air
Banyaknya kegiatan yang dilakukan oleh anak muda membuat mereka mengabaikan asupan air putih setiap hari. Mereka justru lebih memilih untuk membeli minuman kemasan yang meskipun segar dan enak, ternyata kaya akan bahan pengawet, gula, dan perasa yang sangat tidak sehat bagi kesehatan.

Kurang asupan sayuran
Banyak anak muda yang kekurangan asupan sayuran karena lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan cepat saji atau jajanan lainnya. Padahal, kekurangan sayuran bisa membuat tubuh mengalami penuaan dini, mengalami masalah pencernaan, dan masalah kesehatan lainnya.

Baca Juga:  Orang Tua Tetap Merokok, Anak Beresiko Terkena Pneumonia

Melakukan diet yang tidak sehat
Karena ingin menurunkan berat badan, banyak anak muda yang melakukan diet tidak sehat seperti mengurangi frekuensi makan. Padahal, hal ini bisa memicu sakit lambung dan penyakit pencernaan lainnya.

Memakai gadget berlebihan
Memakai gadget dengan berlebihan bisa merusak kesehatan mata, memicu kurang tidur, membuat kerutan pada kulit leher karena kerap menunduk, hingga memicu carpal tunnel syndrome. Ada baiknya memang kita membatasi penggunaan gadget demi mencegah berbagai masalah kesehatan tersebut.