Sulit Untuk Tidur? Cobalah Menempatkan Tanaman Ini di Kamar Untuk Mengatasinya

DokterSehat.Com– Karena stress yang berlebihan, cukup banyak orang yang akhirnya mengalami masalah sulit untuk tidur atau insomnia. Berbagai cara pun dilakukan untuk mengatasi hal ini layaknya dengan mandi sebelum tidur atau bahkan dengan mengkonsumsi pil tidur. Namun, menurut pakar kesehatan, ada cara unik yang bisa mengatasi masalah susah tidur ini, yakni dengan menempatkan tanaman tertentu di kamar tidur.

doktersehat-tidur-wanita-ruangan-dingin-jantung

Meskipun terlihat tidak berkaitan, menempatkan tanaman pada kamar tidur ternyata bisa membuat pikiran kita menjadi lebih rileks sehingga kita pun bisa mudah untuk terlelap. Apa sajakah tanaman yang bisa ditempatkan di kamar tidur kita?

Lidah buaya
Badan antariksa Amerika Serikat atau yang dikenal dengan nama NASA menyebutkan bahwa lidah buaya ternyata termasuk dalam tanaman yang bisa memurnikan udara di dalam ruangan. Yang menarik adalah, tanaman ini ternyata memiliki kemampuan untuk memproduksi oksigen di malam hari. Dengan menempatkan lidah buaya di dalam kamar, maka kita bisa mendapatkan oksigen yang lebih segar dan hal ini akan membuat pernafasan menjadi lebih rileks dan kita pun akan bisa mudah untuk terlelap.

Bunga melati
Bunga yang dikenal memiliki aroma yang wangi ini dikenal luas sebagai penyembuh alami. Beberapa penelitian kesehatan juga menyebutkan bahwa dengan memenuhi kamar dengan aroma tanaman, maka kita bisa mengatasi masalah kecemasan berlebih atau susah tidur.

Bunga lavender
Aroma dari bunga lavender ternyata bisa menurunkan tekanan darah, mengatasi stress, dan juga membuat denyut jantung melambat, sebuah penelitian bahkan menyebutkan bahwa aroma bunga ini bisa membuat bayi mengurangi tangisannya dan membuat mereka lebih cepat tidur.

Bunga lili paris
Bunga yang dikenal sebagai spider plant ini ternyata memiliki kemampuan membersihkan udara dengan baik. Bunga ini bahkan disebut-sebut mampu membersihkan 90 persen komponen udara yang bisa memicu berbagai penyakit, termasuk kanker.