Sulit Tidur Malam? Mungkin Gangguannya Ada Dikamar Anda

DokterSehat.Com – Semua orang bisa mengalami susah tidur. Menurut artikel yang dipublikasikan Elle Decor, dekorasi kamar tidur dapat menjadi salah satu faktor penyebab masalah tersebut.



Kamar yang berantakan, menurut para peneliti, membuat Anda gelisah sehingga kantuk susah datang dan Anda pun terjaga sepanjang malam. Sebaliknya, mereka yang selalu meluangkan waktu membersihkan kamar, ditemukan lebih mudah tidur dan berbahagia.

Selain sulit tidur, kamar yang berantakan dan banyak tumpukan barang adalah biang keladi rasa lelah yang Anda rasakan saat bangun di waktu pagi.

Penelitian ini menguak data bahwa 83 persen responden yang didiagnosa memiliki masalah insomnia mengaku malas merapikan kamar dan hobi menumpuk-numpuk barang, terutama di sekitar kasur.

Mereka yang hobi menimbun barang, tipikalnya sulit mengambil keputusan dan menentukan prioritas. Jadi, sulit tidur otomatis menjadi permasalahan utama mereka, ujar Dr Pamel Thacher, Psikolog, New York St Lawrence University.

Barang yang menumpuk dan tertimbun di sekitar kamar, kata Dr Thacher, bisa membuat orang yang berada di dalamnya mengalami gangguan fungsi kognitif, stres, dan depresi.