Sulit hamil? Ini Penyebabnya!

Doktersehat.com – Tidak semua pasangan suami istri bisa segera mendapat momongan. Ada beberapa pasangan yang membutuhkan waktu lama untuk menimang buah cinta mereka.



Berdasarkan hasil diskusi yang melibatkan 2.000 orang ini diketahui ada dua faktor yang menyebabkan pasangan sulit mendapat momongan. Sebanyak 20 persen pasangan membutuhkan lebih dari 1 tahun untuk memperoleh keturunan.

Menurut para ahli masalah tersebut disebabkan dua faktor, yakni keinginan wanita untuk menunda  kehamilan serta epidemi dari obesitas. Kedua alasan ini diduga sebagai penyebab meningkatnya ketidaksuburan, sebagaimana yang dilansir Daily Mail.

Bila pernikahan dilakukan saat seseorang berusia 30 tahun maka kualitas sel telur akan menurun, sementara berat badan yang berlebihan dapat mengganggu masa subur (ovulasi) pada waanita serta menurunkan kualitas sperma pria.

Kemungkinan lain yang turut mempengaruhi kesuburan wanita dan pria adalah meningkatnya jumlah infeksi menular seksual seperti chlamydia.

Sebagian besar partisipan juga menyadari efek negatif dari gaya hidup yang tidak sehat seperti kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol bisa berdampak pada kesuburan. Namun, sayangnya hanya sebagian partisipan yang bersedia mengubah gaya hidupnya demi mendapatkan keturunan.

Bila aktivitas seks rutin dilakukan namun selama setahun belum juga hamil sebaiknya segera konsultasikan masalah ini dengan dokter.

Kehamilan tak hanya dipengaruhi oleh fisik saja, melainkan faktor psikologis turut andil dalam keberhasilan pembuahan sel telur.

Wanita yang mengalami tekanan akibat belum juga mendapatkan keturunan bisa menjadi stres, akibatnya kondisi ini akan mempengaruhi kehidupan seksnya dengan pasangan.

Sumber: detik.com