Suka Tertidur di Depan TV? Awas, Bisa Jadi Ini Tanda Adanya Hipertensi

DokterSehat.Com – Rasa lelah yang berlebihan setelah beraktivitas seharian adalah hal yang sangat normal terjadi bagi siapapun juga. Hal ini ternyata bisa membuat seseorang tertidur saat menonton acara televisi atau saat baru duduk-duduk bersantai. Namun, menurut pakar kesehatan di Jepang, ada kemungkinan besar pria yang kelelahan hingga tertidur di depan televisi mengalami masalah tekanan darah tinggi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-hipertensi-tekanan-darah-tinggi-jantung-stroke

Sebuah penelitian dilakukan di Hiroshima University, Jepang dan melibatkan setidaknya 2.400 partisipan berjenis kelamin pria. Dari data yang diambil dari para partisipan ini, diketahui bahwa banyak dari partisipan ini yang mengalami gangguan tidur dan juga terkena masalah tekanan darah tinggi. Para partisipan yang mengalami masalah tekanan darah tinggi akan lebih cepat beranjak ke Kasur 18 menit lebih awal jika dibandingkan dengan mereka yang memiliki tekanan darah yang normal. Penelitian ini juga menunjukkan fakta menarik dimana mereka yang harus berjuang keras untuk menahan kantuk di malam hari namun pada akhirnya menyerah dan tertidur dan mereka yang tidur dengan kondisi resah dan sering bolak-balik di atas kasur memiliki kecenderungan yang besar mengalami masalah tekanan darah tinggi.

Adanya penelitian ini membuat kita harus mewaspadai akan adanya masalah tekanan darah tinggi jika merasakan gejala mudah lelah atau suka mengantuk. Hal ini dikarenakan penyakit ini merenggut nyawa setidaknya 7,5 juta orang setiap tahunnya. Namun, pakar kesehatan Nobu Sasaki yang terlibat dalam penelitian ini juga menyebutkan bahwa tidur lebih panjang sama sekali tidak akan menyelesaikan masalah ini. Alih-alih tidur dengan waktu lebih lama, ada baiknya penderita tekanan darah tinggi lebih baik dalam menata pola makan dan mulai rutin melakukan olahraga agar tekanan darahnya bisa menurun dan normal kembali.