Suka Sarapan Dengan Ini Bisa Menurunkan Berat Badan

DokterSehat.Com– Sarapan sangatlah penting untuk dilakukan jika ingin menurunkan berat badan. Dengan melakukannya, maka kita pun bisa menahan keinginan untuk ngemil makanan tidak sehat. Pakar kesehatan juga menyebutkan bahwa jika kita mengkonsumsi beberapa jenis makanan tertentu saat sarapan, maka berat badan bisa lebih mudah menurun.

doktersehat-pria-makanan-bergizi-sehat-sayur-buah-bahagia-diet-sindrom-metabolik

Salah satu jenis bahan makanan yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang sedang melakukan program diet adalah jamur. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor Joanne Slavin dari University of Minnesota, Amerika Serikat ini, disebutkan bahwa mengkonsumsi jamur saat sarapan bisa membuat perut menjadi lebih kenyang. Hal ini tentu akan membuat kita tidak mengkonsumsi kalori dengan berlebihan di jam makan berikut. Selain itu, jamur juga bisa menggantikan daging atau lauk lainnya saat sarapan.

Prof. Slavin menyebutkan bahwa protein di dalam jamur yang berupa micronutrien mampu membuat perut kita menjadi lebih kenyang. Setelah dibandingkan dengan protein dalam daging, didapatkan fakta bahwa kandungan protein dari kedua makanan tersebut cenderung setara.

Dalam penelitian ini, satu kelompok partisipan diminta untuk mengkonsumsi jamur kancing putih sebanyak 226 gram setiap sarapan pagi selama 10 hari sementara kelompok lainnya mengkonsumsi 28 gram daging. Hasilnya adalah, para partisipan yang mengkonsumsi jamur cenderung tidak mudah merasa lapar, merasakan kenyang lebih lama, dan menurunkan asupan camilan yang tidak sehat jika dibandingkan dengan mereka yang sarapan dengan daging.

Tak hanya bisa membantu menurunkan berat badan, konsumsi jamur yang diolah dengan tepat secara teratur juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mencegah masalah darah rendah, mencegah kolesterol tinggi, mencegah diabetes, dan membuat tulang menjadi lebih kuat.