Suka Piknik Terbukti Mampu Mencegah Munculnya Berbagai Penyakit

DokterSehat.Com – Kemajuan informasi di dunia maya ternyata membuat banyak orang menjadi lebih sering berpiknik atau berekreasi. Selain terinspirasi oleh adanya banyak orang yang mampu mengunjungi berbagai tempat, dengan kerap berpiknik, mereka juga bisa membagikan foto-foto di media sosial sebagai ajang aktualitasi diri di dunia maya. Memang piknik akan menghabiskan cukup banyak uang dan waktu, namun, menurut pakar kesehatan, ada banyak sekali manfaat kesehatan yang bisa didapatkan jika kita sering melakukan piknik seperti sebagai berikut.

doktersehat-piknkik

Berlibur ternyata bisa memberikan kebaikan bagi kesehatan fisik dan psikis. Dalam jangka panjang, berlibur akan membuat kita terbebas dari stress dan mencegah munculnya depresi. Berlibur juga bisa membuat kita menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kualitas tidur kita. Selain itu, berlibur bisa membantu tubuh semakin baik dalam meremajakan sel-sel dalam tubuh.

Fakta-fakta ini didapatkan oleh penelitian yang dilakukan oleh yayasan Nuffield Health dan biro perjalanan Kuno di Inggris. Dari penelitian ini, diketahui bahwa sepertiga pekerja di Inggris malas mengambil jatah cuti tahunan yang sebenarnya bisa dimaksimalkan untuk berlibur. Padahal, dua per tiga pekerja lainnya yang mau mengambil jatah cuti tahunannya akan mendapatkan manfaat kesehatan tubuh hingga dua minggu atau satu bulan setelah liburannya berakhir.

Dari para pekerja yang rutin mengambil jatah cutinya untuk berlibur, maka tekanan darahnya akan cenderung menurun hingga enam persen. Sementara itu, mereka yang tidak berlibur justru mengalami kenaikan tekanan darah hingga dua persen pada kurun waktu yang sama. Sementara itu, mereka yang berlibur mengalami peningkatan kualitas tidur hingga 17 persen, dan meningkatkan daya tahan tubuh dari stress dengan signifikan, sangat kontras dengan mereka yang di rumah saja saat waktu liburan yang justru tetap terkena stress.

Baca Juga:  Awas, Viagra Bisa Membuat Overdosis Pada Pria!

Dengan adanya fakta-fakta ini, pakar kesehatan yang terlibat dalam penelitian; Christine Webber, sangat menyarankan orang-orang untuk mengambil jatah cuti liburan dan pergi untuk piknik demi peningkatan kondisi kesehatannya.