Suka Pamer Foto Saat Berada di Gym Menunjukkan Adanya Masalah Kejiwaan

DokterSehat.Com – Belakangan ini, pusat kebugaran atau gym menjadi salah satu tempat favorit bagi banyak orang untuk melakukan olahraga. Adanya gym ini dianggap sebagai solusi bagi banyak orang yang tidak memiliki waktu untuk berolahraga di pagi hari sehingga bisa menggunakan berbagai peralatan olahraga di pusat kebugaran ini, khususnya setelah bekerja atau di akhir pekan. Sayangnya, karena semakin banyak orang yang berlatih di gym, kita juga sering melihat orang yang memamerkan fotonya sedang berlatih disana. Menurut pakar kesehatan, selain bisa membuat olahraga menjadi tidak maksimal, hal ini juga menandakan bahwa orang tersebut mengalami masalah kejiwaan dan cenderung narcissits.

shutterstock_331291736 copy

Psikolog Tara Marshall menyebutkan jika ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Brunel University, London, yang menyebutkan jika mereka yang suka memamerkan foto saat berolahraga atau menjalani program diet sebagai orang-orang yang narsis. Penelitian ini sendiri melibatkan 555 pengguna sosial media facebook dimana para pengguna media sosial ini diteliti kecenderungan kapan memilih untuk menulis status atau update terbaru. Para partisipan juga harus mengisi survei yang menunjukkan tingkatan harga diri dan narsisme, termasuk diantaranya adalah keramahan, kesadaran, keterbukaan, neurotisisme, dan juga ekstroversinya.

Dari penelitian ini, diketahui bahwa mereka yang suka memposting status atau foto-foto saat melakukan program diet dan memamerkan foto saat di pusat kebugaran atau melakukan aktifitas fisik lainnya adalah orang yang narsis. Hal ini dikarenakan mereka ingin membagi informasi tentang prestasi diet atau latihan mereka dan mengharapkan adanya perhatian dan pengakuan. Marshall menyebutkan jika mereka yang suka memamerkan foto-foto ini merasa bahwa jumlah like atau komentar mereka adalah bayaran setimpal dari usaha diet atau latihan mereka selama ini.

Baca Juga:  Hindari Makanan Berikut Sebelum Anda Tidur

Yang menarik adalah, mereka yang cenderung tidak terlalu banyak memamerkan foto mereka saat di gym atau melakukan program diet justru adalah yang benar-benar fokus melatih tubuhnya. Mereka sama sekali tidak membutuhkan pengakuan dan baru merasa puas jika usahanya berhasil.