Suka Minuman Manis? Awas Resiko Kanker Empedu

DokterSehat.Com – Cuaca siang hari yang sangat panas dan menyengat tentu akan membuat kita merasakan dahaga yang sangat luar biasa. Untuk mengatasi rasa haus ini, tentu akan sangat segar jika kita mengkonsumsi minuman manis nan dingin layaknya minuman bersoda. Sayangnya, dibalik kesegaran minuman manis ini, ada bahaya yang mengintip yakni meningkatnya resiko terkena kanker pada saluran dan kandung empedu. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-minuman-kaleng-bir-soda

Sebuah penelitian kesehatan dilakukan di Karolinska Institute, Swedia dan dipimpin oleh pakar keseahtan bernama Susanna Larsson. Penelitian ini sendiri dilakukan pada lebih dari 70 ribu partisipan yang merupakan orang dewasa selama 13 tahun dengan mempelajari hasil diagnosa penderita kanker. Dari semua partisipan yang terlibat, diketahui ada 150 orang diantaranya yang terkena kanker saluran dan kandung empedu dan diketahui jika konsumsumsi minuman manis ini ternyata meningkatkan resiko terkena penyakit kanker empedu dengan signifikan karena minuman ini jika dikonsumsi bisa berpengaruh besar pada kenaikan berat badan dan gula darah.

Larsson mengungkapkan jika mereka yang rutin mengkonsumsi minuman manis layaknya soda atau bahkan soda diet akan memiliki resiko dua kali lipat terkena tumor kandung empedu jika dibandingkan dengan mereka yang tidak suka pada minuman tersebut. Yang mengerikan adalah, resiko terkena kanker saluran empedu bahkan bisa meningkat tajam hingga 79 persen!

Penelitian ini menunjukkan fakta dimana mereka yang rutin meminum dua porsi minuman manis setiap harinya akan cenderung lebih banyak mengkonsumsi makanan kaya kalori, gula, hingga karbohidrat, namun cenderung minim asupan lemak dan protein. Hal inilah yang ikut meningkatkan resiko terkena kanker empedu dengan signifikan. Pakar kesehatan lainnya dari University of Texas Southwestern Medical School bernama dr. Margo Danke mengungkapkan jika ada baiknya kita lebih memilih asupan air putih setiap harinya agar tubuh kita tetap fit dan sehat alih-alih mengkonsumsi minuman manis.