Suka Minuman Bersoda? Awas Peningkatan Resiko Kanker

DokterSehat.Com – Minuman bersoda yang terasa manis termasuk dalam minuman yang digemari oleh banyak orang, apalagi jika suhu udara terasa sangat panas dan menyengat. Memang, minuman bersoda terasa sangat segar untuk diminum dan menghilangkan dahaga. Sayangnya, jika kita cukup sering mengkonsumsi minuman bersoda, ada dampak negatif yang bisa kita dapatkan, yakni meningkatnya resiko terkena kanker. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

doktersehat-soda-kaleng-kanker

Sebuah penelitian dilakukan di Institut Karolinska di Swedia dan dipimpin oleh Susanna Larsson. Penelitian ini sendiri dilakukan dengan cara mempelajari data kebiasaan makan dan minum dari lebih dari 70 ribu orang dewasa. Penelitian yang dilakukan sekitar 13 tahun ini mempelajari kaitan antara minuman manis dengan resiko kanker. Hasilnya adalah, mereka yang banyak mengkonsumsi minuman bersoda dan berbagai minuman manis lainnya memiliki resiko yang jauh lebih besar untuk terkena kanker empedu. Hal ini dibuktikan dengan adanya 150 orang yang hobi mengkonsumsi minuman bersoda dan minuman manis terdiagnosa terkena kanker pada saluran dan kantung empedunya.

Mereka yang suka dengan minuman bersoda atau minuman manis dimana dalam setiap harinya bisa mengkonsumsi dua porsi atau lebih minuman tersebut memiliki resiko dua kali lebih besar mengembangkan tumor pada kantung empedu dan 79 persen lebih besar terserang penyakit kanker saluran empedu.

Pakar kesehatan dari Fox Chase Cancer Center yang berasal dari Philadelphia, Amerika Serikat, dr. Igor Astaturov menyebutkan jika hasil penelitian yang dipublikasikan di Journal of National Cancer Institute ini menjadi sebuah peringatan bagi mereka yang masih menyukai minuman bersoda untuk segera mengurangi konsumsi minuman tidak sehat ini dan mulai menerapkan gaya hidup sehat. Konsumsi air putih jauh lebih sehat bagi tubuh dan mampu membuat kita terbebas dari dahaga, begitu tuturnya.