Suka Minum Soda, Wanita Ini Terkena Batu Kantung Empedu

batu_empedu_minuman_manis_doktersehat_1
Photo Source: Buzz Definitely Filipino

DokterSehat.Com– Meski enak dan menyegarkan, pakar kesehatan telah berkali-kali menyebut minuman bersoda sebagai minuman yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Sayangnya, hal ini disepelekan oleh wanita dengan akun Facebook bernama Van Laragan Lpt. Wanita ini mengalami batu kantung empedu yang sangat menyakitkan gara-gaara kebiasaan mengonsumsi minuman ini.

Dilansir dari Buzz Definitely Filipino, selain minuman bersoda, Van juga kerap mengonsumsi jus buah kemasan yang manis, minuman berkafein botolan seperti kopi, dan minuman manis yang dibeli di pinggir jalan lainnya. Van juga cenderung makan dengan sembarangan tanpa memperhatikan apa saja yang ia konsumsi.

Yang luar biasa adalah, Van juga tetap mengonsumsi makanan dan minuman tidak sehat ini saat ia hamil! Kebiasaan ini pulalah yang kemudian memicu rasa sakit luar biasa pada bagian kanan atas perutnya.

Awalnya, Van berpikir jika sakit perut akan hilang dengan sendirinya, namun setelah dua hari, rasa sakit ini terus menyiksanya tanpa henti. Ia pun kemudian dilarikan ke rumah sakit hingga kemudian melahirkan buah hatinya dengan prosedur operasi Caesar. Beruntung, anaknya tidak mengalami dampak buruk dari kebiasaan mengonsumsi makanan tidak sehatnya dan lahir dengan kondisi sehat.

Dokter kemudian mendiagnosisnya dengan batu kantung empedu yang sudah cukup parah. Sebelum diperbolehkan melakukan prosedur operasi untuk mengeluarkannya, dokter memintanya melakukan pengobatan dan perubahan gaya hidup selama 2 tahun lamanya. Setelah diangkat, Van pun tak lagi mengalami sensasi sakit di perutnya dan berjanji tidak akan lagi menerapkan gaya hidup tidak sehat, apalagi mengonsumsi minuman manis dengan berlebihan.