Suka Minum Kopi Instan Ternyata Bisa Menyebabkan Dampak Kesehatan Ini

DokterSehat.Com– Kopi telah dikenal luas sebagai salah satu minuman yang nikmat sekaligus memberikan banyak manfaat kesehatan. Hanya saja, hal ini ternyata tidak berlaku pada kopi instan, kopi yang justru cenderung kerap dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia.

doktersehat-kopi-dalam-styrofoam

Berbeda dengan kopi asli, kopi instan yang bisa dengan mudah kita temui di pasaran ini ternyata tidak benar-benar terbuat dari biji kopi asli. Bahkan, banyak dari kopi ini yang ternyata hanya memakai perasa kopi dan semacam pemanis buatan. Karena alasan inilah kopi ini memiliki harga yang sangat murah. Jika kita kerap mengkonsumsi kopi instan ini, kita justru akan meningkatkan resiko terkena masalah kesehatan seperti sebagai berikut.

Tekanan darah tinggi
Kerap mengkonsumsi kopi instan ternyata bisa meningkatkan resiko terkena hipertensi. Hal ini disebabkan oleh adanya kandungan krimer nabati yang tidak bisa benar-benar dicerna oleh tubuh. Kandungan ini bisa memicu penyumbatan pada pembuluh darah dan akhirnya menyebabkan masalah tekanan darah tinggi.

Diabetes
Tak hanya kaya akan kandungan perasa kopi, bukannya kopi asli, kopi instan juga kaya akan kandungan gula dan pemanis buatan. Jika kita kerap mengkonsumsinya, maka konsumsi gula harian bisa berlebihan dan meningkatkan resiko untuk terkena diabetes.

Kolesterol tinggi
Kandungan krimer pada kopi instan ternyata bisa memicu penumpukan kolesterol jahat di dalam tubuh yang tentu bisa menyebabkan masalah kesehatan pada jantung dan pembuluh darah. Selain itu, kandungan kafein buatan bisa memicu peningkatan hormon dopamin pada tubuh hingga berlebihan dan akhirnya menyebabkan penyakit jantung.

Kanker
Meskipun pakar kesehatan masih mendebatkan kemungkinan kopi instan bisa menyebabkan kanker atau tidak, ada baiknya kita mewaspadai adanya kemungkinan terkena penyakit yang sangat mematikan ini.