Suka Minum Kopi Dengan Krimer? Ternyata Hal Ini Kurang Baik Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Krimer adalah salah satu bahan tambahan yang sangat banyak digemari oleh penggemar kopi. Bagaimana tidak, dengan adanya krimer ini, kita bisa merasakan sensasi yang jauh lebih nikmat pada kopi yang sedang kita minum. Sayangnya, dibalik sensasi nikmat dan gurih dari krimer ini, pakar kesehatan menyebutkan jika ada efek buruk yang bisa kita dapatkan andai kita kerap mengkonsumsi krimer instan. Apa sajakah efek buruk dari konsumsi krimer instan sehari-hari?

DokterSehat Teh Minuman Panas

Pakar kesehatan Mowry, MD, yang berasal dari Johns Hopkins Medicine, menyebutkan jika kopi adalah salah satu minuman yang bisa memberikan begitu banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Sebagai contoh, kopi bisa memperkuat daya ingat, membuat metabolisme lemak meningkat, memberikan energi tambahan bagi tubuh, hingga mencegah penyakit Parkinson dan Alzheimer. Sayangnya, andai kita menambahkan krimer instan pada kopi, berbagai kebaikan pada kopi ini bisa berkurang dengan signifikan. Menurut Mowry, krimer instan yang bisa kita dapatkan di toko-toko ini ternyata tidak selalu terbuat dari bahan krim murni dan bisa jadi kaya akan berbagai zat pengental atau emulsi layaknya karagenan. Yang menjadi masalah adalah bahan karagenan ini mampu memicu peradangan dalam tubuh hingga berbagai masalah pada saluran pencernaan.

Memang, bahan pengental ini bisa membuat krimer memiliki rasa yang terasa gurih. Sayangnya, untuk mendapatkan rasa gurih ini, krimer membutuhkan bahan lemak trans dalam proses pembuatannya. Padahal, lemak trans ini sangatlah tidak sehat bagi tubuh dan bisa memicu peningkatan kadar kolesterol jahat. Andai kita kerap mengkonsumsinya, maka kita tentu akan meningkatkan resiko terkena penyakit jantung, bukan? Beberapa jenis krimer bahkan diketahui mengandung bahan pemanis buatan layaknya sucralose yang bisa meningkatkan resiko terkena diabetes tipe 2.

Baca Juga:  Bagaimana Sih Cara Kopi Membangunkan Tubuh?

Dengan adanya fakta-fakta ini, ada baiknya kita yang menggemari kopi mulai menghindari penggunaan krimer instan sehingga kita tidak akan mudah terkena berbagai penyakit berbahaya tersebut.