Suka Minum Green Tea? Waspadai Efek Buruk Ini

DokterSehat.ComGreen Tea atau teh hijau adalah salah satu minuman yang kini sedang cukup populer, khususnya di kalangan anak muda. Minuman yang memiliki rasa yang enak ini bisa dengan mudah ditemui di berbagai kafe dengan harga yang cukup terjangkau. Tak hanya enak, green tea juga dikenal luas sebagai minuman yang bisa memberikan manfaat kesehatan tubuh, khususnya dalam hal meningkatkan mood, mengatasi stress, dan mencegah kanker.

doktersehat-teh-hijau-baik-kesehatan-green-tea

Sayangnya, dibalik berbagai kebaikan yang bisa kita dapatkan dari green tea ini, pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak mengkonsumsinya dengan berlebihan. Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Journal of Functional Food pada Januari 2016 silam menyebutkan bahwa mengkonsumsi minuman herbal, termasuk teh hijau dengan terlalu banyak ternyata bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah dalam hal menurunkan kesuburan.

Dalam penelitian ini, para ilmuwan menyuntikkan semacam antioksidan polifenol GTP yang bisa ditemukan pada teh hijau pada lalat buah. Alhasil, lalat ini pun mengalami gangguan pada sistem reproduksinya. Bahkan, jika lalat buah ini mampu menghasilkan keturunan, anak dari lalat ini juga mengalami kondisi abnormal, khususnya di bagian organ genital.

Memang, penelitian ini belum bisa membuktikan apakah dampak buruk ini juga akan didapatkan oleh manusia jika terlalu banyak mengkonsumsi teh hijau. Hanya saja, mengingat lalat buah kerap dipakai pada uji coba di laboratorium, ada baiknya memang kita mewaspadai adanya kemungkinan ini.

Sebagian pakar bahkan menyebutkan bahwa wanita penggemar green tea sebaiknya berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu jika sedang merencanakan program kehamilan. Jika memang dokter berkata tidak apa-apa, maka kita pun bisa dengan tenang menikmatinya.