Suka Menunda Pekerjaan Ternyata Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan

DokterSehat.Com – Meskipun semua orang berharap bisa mendapatkan pekerjaan agar bisa menghidupi diri sendiri dan keluarganya dengan baik, dalam realitanya, rutinitas pekerjaan yang biasanya berulang setiap harinya akan membuat seseorang mudah merasa bosan dan pada akhirnya berimbas pada kebiasaan menunda pekerjaan. Resiko yang didapatkan tentu saja adalah kemungkinan mendaptakan kemarahan dari atasan atau klien karena pekerjaan tidak selesai tepat waktu. Namun, ada pula resiko kesehatan yang akan didapatkan jika kita kerap menunda perkerjaan, yakni kemungkinan kita mendapatkan waktu istirahat yang semakin minim.

doktersehat-overtime-sibuk-kerja-lembur-stress-memunda-pekerjaan-wanita-resiko-jantung-resiko-kesehatan-wanita-karir

Fakta ini didapatkan dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh the Academic College di Tel Aviv, Israel, dimana ada setidaknya 600 orang yang menjadi partisipan penelitian ini. Hasil penelitian ini adalah, banyak orang yang tidak menyadari jika menunda pekerjaan akan membuat pekerjaan mereka akan semakin menumpuk sehingga akan ada banyak sekali daftar tugas yang harus diselesaikan. Hasilnya adalah, kebanyakan partisipan yang suka menunda pekerjaan akan membuat mereka lebih sering begadang menyelesaikan pekerjaan, atau yang lebih ironis adalah tidak bisa tenang karena memikirkan banyaknya pekerjaan sehingga mengalami masalah susah tidur yang tentu akan menurunkan waktu istirahat.

Pakar kesehatan Illana Hairston, Ph.D berkata jika mereka yang suka menunda pekerjaan akan memiliki resiko terkena insomnia hingga 3 kali lipat. Selain bisa memaksa seseorang bekerja dengan jam kerja yang jauh lebih lama, pikiran yang terbebani, apalagi jika deadline sudah sangat dekat akan menurunkan kualitas tidur dengan signfikan. Jika hal ini berulang terus-menerus, tentu akan ada dampak negatif bagi kondisi kesehatan tubuh.

Illana sendiri menyebutkan jika selain masalah kurang tidur yang membuat lesu, konsentrasi seseorang akan terganggu dan Ia pun akan menjadi lebih stress dan beresiko terkena masalah metabolisme tubuh, sistem kekebalan tubuh yang menurun, masalah seksual, penuaan dini pada kulit, hingga gangguan pada jantung. Dengan adanya resiko ini, anda yakin masih malas-malasan dan suka menunda pekerjaan?