Suka Menunda Pekerjaan? Lakukan Hal Ini Untuk Mengatasinya

DokterSehat.Com– Kadangkala kita merasa malas dan kurang bersemangat untuk melakukan pekerjaan. Padahal, tenggat untuk menyelesaikan pekerjaan ini tidaklah lama. Apakah ada cara yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kebiasaan suka menunda pekerjaan ini?

doktersehat-overtime-sibuk-kerja-lembur-stress-memunda-pekerjaan-wanita-resiko-jantung-resiko-kesehatan-wanita-karir

Mandi
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa salah satu penyebab kita malas atau menunda-nunda pekerjaan adalah karena tubuh berada dalam kondisi kurang segar. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mandi agar badan menjadi lebih bersih dan segar. Tanpa diduga, hal ini ternyata bisa membuat kita lebih bersemangat untuk melakukan pekerjaan.

Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of the Public Library of Science menyebutan bahwa dengan mandi terlebih dahulu sebelum bekerja bisa membuat kita lebih bersemangat dan fokus untuk menyelesaikannya.

Bangun dengan lebih pagi
Pakar kesehatan menyebutkan bahwa kebiasaan untuk bangun pagi, segera membereskan kamar tidur, dan meluangkan waktu untuk melakukan yoga atau menikmati sinar matahari pagi ternyata bisa memberikan energi yang positif. Hal ini akan berimbas pula pada kebiasaan dan semangat kita dalam menyelesaikan pekerjaan.

Menempatkan banyak warna di sekitar tempat kerja
Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Frontiers in Human Neuroscience menyebutkan bahwa dengan memberikan ornamen warna-warni di meja kerja ternyata bisa berpengaruh besar pada semangat kita dalam menyelesaikan pekerjaan. Jika kita memberikan ornamen berwarna merah, maka kita bisa meningkatkan fokus. Sementara itu, warna biru diyakini mampu membuat kita lebih kreatif.

Meminta seseorang menjadi pengawas
Penelitian yang dimuat dalam jurnal American Psychological Association menunjukkan bahwa rasa malu ternyata bisa memotivasi orang untuk mengubah kebiasaan buruknya, termasuk menunda-nunda pekerjaan. Cobalah untuk meminta kawan, sahabat, keluarga, untuk selalu memberitahu kita andai kita mulai malas-malasan dalam menyelesaikan pekerjaan.