Suka Mengumpat Adalah Tanda Bahwa Anda Orang yang Cerdas

DokterSehat.Com– Anda kerap mengumpat saat berkendara di jalan raya atau saat sedang merasa kesal? Bisa jadi anda adalah orang yang tergolong cerdas. Fakta ini didapatkan dari hasil penelitian yang dilakukan di University of Rochester, New York, Amerika Serikat. Seperti apa penjelasan dari penelitian ini?

doktersehat-marah-teriak

Dalam penelitian ini, setidaknya ada 1.000 orang yang dilibatkan. Para partisipan ini kemudian diminta untuk menjawab berbagai pertanyaan yang bisa menunjukkan perilakunya. Hasilnya adalah, mereka yang memiliki tingkat kecerdasan lebih tinggi cenderung lebih banyak mengumpat atau mengeluarkan sumpah serapah. Sementara itu mereka yang cenderung ekstrovert atau yang terbuka dan mudah bergaul dengan orang lain cenderung lebih suka untuk berkendara dengan kecepatan lebih dari 75 mil per jam dan suka membahas lelucon yang kotor.

Dalam penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Personality and Individual Difference ini, disebutkan bahwa mereka yang memiliki angka IQ lebih tinggi memang lebih sering mengumpat. Meskipun terkesan tidak sopan, hal ini dianggap sebagai salah satu cara untuk menghilangkan rasa nyeri atau menjadi pelampiasan stress dari dalam tubuh.

Dr. Richard Stephens, pakar kesehatan psikologi dari Keele University, melakukan penelitian untuk mengetahui efek dari mengumpat. Para partisipan pun diminta untuk mengumpat sebelum melakukan aktifitas fisik seperti bersepeda atau meremas alat khusus yang bisa mengukur kekuatan tangan. Hasilnya adalah, mereka yang mengumpat cenderung lebih baik dalam mengendalikan rasa nyeri dan akhirnya mampu merangsang sistem saraf yang ada pada tubuh. Hal ini ternyata bisa berimbas pada kesehatan mental yang jauh lebih baik.