Suka Mengkonsumsi Sayuran Hijau, Nenek ini Justu Hampir Buta

DokterSehat.Com – Salah satu jenis makanan sehat yang sangat direkomendasikan oleh pakar kesehatan untuk dikonsumsi sehari-hari adalah sayuran hijau. Bagaimana tidak, sayuran hijau memiliki beragam vitamin dan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, termasuk mata. Namun apa yang terjadi pada wanita berusia 60 tahun ini sungguh diluar dugaan. Meskipun Ia tergolong rajin mengkonsumsi jus bayam, kale, dan juga brokoli setiap pagi dalam 8 tahun terakhir, kesehatan matanya justru semakin memburuk dan bahkan hampir buta. Apa yang sebenarnya terjadi?



Selain mengkonsumsi sayuran hijau, nenek malang ini ternyata juga rutin mengkonsumsi suplemen lutein. Sebagai informasi, lutein adalah sejenis kandungan sehat yang bisa ditemukan dalam sayur dan sangat baik bagi kesehatan mata. Alih-alih membantu matanya tetap sehat, konsumsi lutein dengan berlebihan inilah yang membuat penglihatan sang nenek bermasalah. Tingginya kadar lutein dalam tubuh ternyata memicu kumpulan kristal pada macula, bagian mata yang dekat dengan pusat retina. Alhasil, penglihatannya pun semakin memburuk.

Penyebab paling sering kasus kebutaan di seluruh dunia adalah menurunnya fungsi macula pada mata atau yang disebut sebagai degenerasi makula. Selain karena faktor usia, timbunan kristal ini juga bisa memicu masalah kesehatan ini. Menurut pakar kesehatan, kita memang membutuhkan lutein dan karetenoid untuk membantu kesehatan mata kita. Namun, andai kita mengkonsumsinya dengan berlebihan melalui sayuran hijau dan juga suplemen, maka kadar dari nutrisi ini akan berlebihan dan hal ini akan memicu penumpukan kristal pada mata. Pada nenek ini, diketahui bahwa karena kebiasaan mengkonsumsi suplemen kesehatan mata ini, kadar pigmen pada matanya bahkan mencapai tiga kali lipat dari orang-orang biasanya.

Meskipun memiliki maksud yang baik, ada baiknya memang kita tidak mengkonsumsi apapun yang berlebihan, khususnya adalah suplemen penambah kesehatan tubuh. Ada baiknya kita berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter andai ingin mengkonsumsi suplemen sehingga kita bisa mendapatkan manfaatnya tanpa mengalami efek samping bagi kesehatan tubuh.